Jumat, 06 April 2012

HADIS BAB 15 HAJI

656. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa,
ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah tentang pakaian apa yang boleh dikenakan oleh seseorang yang sedang berihram ؟ Rasulullah saw. bersabda, Janganlah kamu mengenakan baju, kain serban, celana, tutup kepala dan sarung kaki, kecuali bagi orang yang memang tidak memiliki sandal, maka dia boleh memakai sarung kaki tersebut dengan syarat dia harus memotongnya di bawah mata kaki. Juga jangan memakai pakaian apapun yang dicelup dengan minyak zakfaran dan wares

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2012

656. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa,
ada seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah tentang pakaian apa yang boleh dikenakan oleh seseorang yang sedang berihram ؟ Rasulullah saw. bersabda, Janganlah kamu mengenakan baju, kain serban, celana, tutup kepala dan sarung kaki, kecuali bagi orang yang memang tidak memiliki sandal, maka dia boleh memakai sarung kaki tersebut dengan syarat dia harus memotongnya di bawah mata kaki. Juga jangan memakai pakaian apapun yang dicelup dengan minyak zakfaran dan wares

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2012 

657. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Aku pernah mendengar Rasulullah, bersabda dalam khotbah, Celana bagi orang yang tidak mendapatkan lembaran kain dan sarung kaki bagi orang yang tidak mendapatkan sepasang sandal. Maksudnya untuk orang yang sedang berihram

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2017

658. Hadis riwayat Ya'la bin Umaiah ra. ia berkata,
Pernah seorang laki-laki datang kepada Rasulullah ketika beliau sedang berada di daerah Ji'ranah. Dengan mengenakan tutup kepala yang sudah ditaburi minyak wangi lelaki tadi bertanya, Apa yang engkau perintahkan kepadaku sehubungan dengan ibadah umrah ؟ Pertanyaan itu tidak diperhatikan, lantaran saat itu kebetulan beliau tengah dituruni wahyu. Buru-buru beliau ditabiri dengan pakaian seadanya. Kemudian Abu Ya'la nyeletuk, Senang sekali seandainya aku dapat menyaksikan Rasulullah sedang menerima wahyu. Umar berkata, Jadi kamu suka seandainya dapat menyaksikan Rasulullah sedang menerima wahyu ؟ Seketika itu Umar mengangkat kain yang menutupi Rasulullah, ternyata terlihat Rasulullah seperti orang yang tengah tidur mendengkur. Sesaat kemudian tiba-tiba beliau terbangun dan bertanya, Di mana orang yang bertanya tentang umrah tadi ؟ Selanjutnya beliau bersabda, Bersihkanlah dirimu dari bekas minyak yang kamu pakai itu. Lepaskanlah tutup kepalamu dan umrahlah seperti kamu haji 

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2015

659. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata
bahwa Rasulullah telah menetapkan miqat-miqat berikut, bagi penduduk Madinah adalah Dzul Hulaifah, bagi penduduk Syam daerah Juhfah, bagi penduduk Najd daerah Qarnul Manazil dan bagi penduduk Yaman daerah Yalamlam. Miqat-miqat itu adalah untuk penduduk daerah-daerah tersebut dan setiap orang yang datang dari segenap penjuru negeri untuk melaksanakan ibadah Haji atau Umrah lewat tempat-tempat itu. Adapun penduduk daerah-daerah yang jaraknya lebih dekat dengan Mekah daripada miqat-miqat itu, maka miqatnya adalah rumah keluarganya, sehingga penduduk Mekah miqatnya cukup dari Mekah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2022

660. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, Penduduk Madinah mengambil miqat dari Dzul Hulaifah, penduduk Syam dari Juhfah, sedangkan penduduk Najd dari Qarn. Abdullah bin Umar ra. berkata, Aku pernah diberitahu bahwa Rasulullah pernah bersabda, Penduduk Yaman mengambil miqat dari Yalamlam

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2024

661. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. bahwa
Talbiah Rasulullah adalah, لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ لَبَّيْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لَا شَرِيكَ لَكَ Aku penuhi panggilan-Mu, wahai Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu. Sesungguhnya segala puji, segala nikmat dan semua kerajaan adalah milik-Mu. Tidak ada sekutu bagi-Mu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2029

662. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. ia berkata,
Baida` inilah tempat yang kamu kira Rasulullah pernah memulai ihramnya. Padahal Rasulullah tidak pernah memulai ihramnya kecuali dari mesjid Dzul Hulaifah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2033

663. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Aku pernah memberi minyak wangi ke tubuh Rasulullah saat beliau hendak berihram dan ketika hendak bertahallul sebelum tawaf di Baitullah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2040

664. Hadis riwayat Sha`ab bin Jatsamah Al Laitsi ra. bahwa,
Ia pernah menghadiahkan seekor keledai liar kepada Rasulullah ketika beliau berada di desa Abwa atau Waddan. Namun beliau mengembalikannya. Ketika Rasulullah melihat perubahan wajah Sha`ab karena pemberiannya dikembalikan, beliau bersabda, Aku tidak akan menolak pemberianmu ini seandainya saja aku tidak sedang dalam keadaan ihram

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2059

665. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Sesungguhnya Sha`ab bin Jatsamah pernah menghadiahkan seekor keledai liar kepada Rasulullah yang saat itu tengah berihram. Pemberian itu beliau kembalikan seraya bersabda, Kalau saja kami tidak sedang dalam keadaan ihram, akan kami terima pemberianmu itu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2060

666. Hadis riwayat Abu Qatadah ra. ia berkata,
Kami pernah bepergian bersama Rasulullah, hingga ketika sampai di daerah Al Qahah, saat itu, diantara kami ada yang sedang berihram dan ada pula yang tidak. Aku melihat sahabat-sahabatku memperhatikan sesuatu, yaitu seekor keledai liar. Aku segera memasang pelana kudaku dan mengambil tombak. Baru saja tubuhku berada di atas kuda, tiba-tiba saja cambukku terjatuh. Aku katakan kepada teman-teman, yang kebetulan dalam keadaan ihram, Tolong berikan kepadaku cambukku itu! Namun mereka semua sama berkata, Demi Allah kami tidak akan membantumu sama sekali. Akupun turun dari kuda untuk mengambilnya sendiri. Lalu aku naik kuda lagi dan aku temukan keledai dari belakang yang telah berada di balik sebuah bukit kecil dan akhirnya aku menikamnya. Setelah aku sembelih, aku bawa kepada teman-temanku. Kutawarkan kepada mereka. Namun sebagian dari mereka berkata, Makanlah! Sedang sebagian yang lain mengatakan, Jangan kau makan! Saat itu Nabi saw. berada di depan kami. Aku gerakkan kudaku dan aku kejar beliau, kemudian beliau bersabda, itu halal. Makanlah!

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2062

667. Hadis riwayat Aisyah ra. istri Nabi saw. ia berkata,
Aku pernah mendengar Rasulullah bersabda, Ada empat macam binatang jahat yang boleh dibunuh di tanah halal maupun di tanah haram; yaitu burung elang, burung gagak, tikus dan anjing buas

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2068

668. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra.
dari Nabi saw. beliau bersabda, Ada lima macam binatang yang tidak berdosa membunuhnya di tanah haram dan dalam keadaan ihram, yaitu: tikus, kalajengking, burung gagak, burung elang dan anjing buas

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2073

669. Hadis riwayat Kaab bin Ujrah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. mendatangiku pada waktu perang Hudaibiah. Ketika aku sedang menyalakan api (berkata Qawaririy, Di bawah periukku, sedang Abu Rabi' berkata, Di bawah kualiku) banyak sekali kutu bertaburan di wajahku. Melihat hal itu beliau bertanya, Bukankah kutu itu menyusahkanmu ؟ Aku jawab, Ya. Beliau bersabda, Cukurlah dan berpuasalah tiga hari, atau berilah makan enam orang miskin, atau berkorbanlah dengan seekor kambing

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2080

670. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata
bahwa Nabi saw. pernah berbekam, padahal beliau sedang ihram

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2087

671. Hadis riwayat Ibnu Buhainah ra. bahwa,
Nabi saw. pernah berbekam pada bagian kepalanya ketika beliau berada di sebuah tempat yang menuju ke kota Mekah, padahal beliau dalam keadaan ihram

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2088

672. Hadis riwayat Abu Ayub Al Anshari ra.,
dari Abdullah bin Hunain ia berkata, Aku diutus oleh Ibnu Abbas untuk menemui Abu Ayub Al Anshari dan aku dapati dia sedang mandi dengan bertabir selembar kain. Berkata (Abdullah bin Hunain), mengucapkan salam kepadanya. Dia bertanya, Siapa itu ؟ Saya menjawab, Saya, Abdullah bin Hunain. Ibnu Abbas mengutusku untuk bertanya kepadamu tentang cara Rasulullah mencuci rambutnya di saat beliau sedang berihram. Abu Ayub langsung menarik pakaian tadi hingga yang tampak olehku hanya kepalanya saja, dia berkata kepada orang yang menuangkan air, Siramlah! Si pelayan tadi menyiram kepalanya. Lalu saya lihat Abu Ayub menggerakkan kepalanya dengan membolak-balikkan kedua belah tangannya seraya berkata, Beginilah saya pernah melihat Rasulullah berbuat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2091

673. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra.
dari Nabi saw. Seorang lelaki jatuh dari untanya sehingga lehernya patah, dan meninggal dunia. Kemudian Nabi saw. bersabda, Mandikanlah dia dengan daun bidara (sidr), kafanilah dia dengan kedua pakaiannya, dan janganlah kamu menutupi kepalanya, sebab sesungguhnya Allah akan menghidupkannya kembali pada hari kiamat dalam keadaan bertalbiah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2092

674. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Rasulullah masuk di kediaman Dhaba`ah binti Zubair dan bertanya kepadanya, Apakah kamu tidak ingin pergi haji ؟ Ia menjawab, Demi Allah, saya melihat diri saya sedang sakit-sakitan. Rasulullah saw. bersabda, Berhajilah! Ajukan syarat, dan katakanlah, Ya Allah, aku akan bertahallul apabila nanti menemui halangan di mana saja. Ketika itu dia berada di bawah pengawasan Miqdad

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2101

675. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Kami pernah bepergian bersama Rasulullah pada tahun haji wada, kemudian kami berihram untuk menunaikan umrah. Rasulullah bersabda, Barangsiapa yang membawa hewan sembelihan, sebaiknya dia berihram haji dan umrah, jangan sampai dia bertahallul terlebih dahulu hingga dia bertahallul untuk keduanya secara bersamaan. Ternyata setibanya di Mekah saya datang bulan, padahal saya belum tawaf di Kakbah, dan belum berlari-lari kecil (sai) antara Safa dan Marwa. Kemudian hal itu saya adukan kepada Rasulullah, dan Beliaupun bersabda, Lepaskanlah jalinan rambut kepalamu dan sisirlah, kerjakanlah ihram haji, dan tinggalkanlah ihram umrah. Lalu saya mengerjakannya. dan ketika saya sudah menyelesaikan ibadah haji, Rasulullah menyuruh saya bersama dengan Abdurrahman bin Abu Bakar pergi ke Tan'im, kemudian saya mengerjakan ihram umrah. Beliau bersabda, Ini adalah tempat umrahmu. Kemudian mereka yang berihram umrah sama melakukan tawaf di Baitullah, dan diteruskan bersai (lari-lari kecil) antara Safa dan Marwa, lalu bertahallul. Kemudian mereka melakukan tawaf lagi untuk ibadah hajinya, setelah kembali dari Mina. Adapun mereka yang mengumpulkan haji dan umrah, mereka hanya melakukan tawaf satu kali saja

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2108

676. Hadis riwayat Abdurrahman bin Abu Bakar ra. bahwa,
Rasulullah pernah menyuruhnya memboncengkan Aisyah ra. pergi ke Tan'im untuk berumrah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2126

677. Hadis riwayat Jabir ra. ia berkata,
Kami pernah bepergian bersama Rasulullah dalam keadaan berihram haji ifrad, sedangkan Aisyah ra. untuk berihram umrah. Sesampainya di daerah Sarif, tiba-tiba ia datang bulan, hingga ketika kami sudah melakukan tawaf di Kakbah dan melakukan sai antara Safa dan Marwa, Rasulullah menyuruh kami bertahallul karena kami tidak membawa hewan sembelihan. Aku bertanya, Apa saja yang dihalalkan ؟ Rasulullah menjawab, Semuanya sudah dihalalkan. Maka segera kami menggauli istri-istri kami, memakai minyak wangi dan berpakaian lengkap. Sedang antara kami dan hari Arafah ketika itu hanya empat malam saja. Selanjutnya kami mulai berihram lagi pada hari Tarawiah (8 Zulhijah). Kemudian Rasulullah menemui istrinya Aisyah ra. yang kebetulan sedang menangis. Beliau bertanya, Ada apa dengan dirimu ؟ Aisyah ra. menjawab, Aku sedang haid, orang-orang sudah bertahallul, sedang aku belum bertahallul dan tawaf di Kakbah bahkan mereka tengah berangkat haji pada saat ini. Rasulullah kemudian bersabda, Sesungguhnya masalah ini sudah merupakan ketentuan Allah terhadap setiap wanita anak-cucu Adam, maka mandilah dan berhajilah! Segera saja Aisyah ra. memenuhi saran suaminya tersebut dan berwukuf. Setelah suci dari haid, dia lalu melakukan tawaf di Baitullah, serta melakukan sai antara Safa dan Marwa. Setelah itu Rasulullah bertanya, Bukankah kamu sudah bertahallul dari haji dan umrahmu sekaligus ؟ Aisyah ra. menjawab, Wahai Rasulullah! Sesungguhnya aku tidak bertawaf di Kakbah sebelum aku selesai berhaji. Mendengar itu Rasulullah saw. kemudian bersabda kepada Abdur Rahman, Hai Abdur Rahman! Pergilah bersamanya. dan antarkan saudarimu ini untuk umrah dari Tan'im. Merekapun pergi pada malam hari Hashbah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2127

678. Hadis riwayat Jabir bin Abdullah ra.
dari Atha ia berkata, Aku pernah mendengar Jabir bin Abdullah ra. mengatakan, Saat aku bersama beberapa orang, kami para sahabat Muhammad saw. pernah hanya berihram haji saja. Atha berkata, Jabir berkata, Pada pagi hari tanggal empat bulan Zulhijah, Nabi saw. datang lalu beliau memerintahkan kepada kami untuk segera bertahallul. Atha berkata, Jabir berkata, Bertahallul-lah kalian dan gauli istri. Atha berkata, Rasulullah tidak mengharuskan orang untuk menggauli istrinya, tapi hukumnya boleh. Selanjutnya Jabir mengatakan, Ketika kesempatan kami hanya tinggal lima hari sebelum berangkat menuju ke Arafah, Rasulullah menganjurkan kepada kami supaya menggauli istri-istri kami terlebih dahulu. Setelah itu barulah kami berangkat ke Arafah sekalipun kami masih belum puas berkumpul dengan istri-istri kami. Ia berkata, Jabir berkata dengan tangannya seakan-akan aku melihat dia menggerakkan tangannya, ia berkata, Nabi berdiri di hadapan kami dan bersabda, Kalian tentu sudah tahu, bahwa sesungguhnya aku adalah orang yang paling takut kepada Allah, orang yang paling jujur, dan yang paling berbakti di antara kalian semua. Kalau saja aku tidak terlanjur membawa hewan sembelihan, niscaya aku akan bertahallul sebagaimana kamu sekalian. Tetapi sudahlah, sekarang kalian bertahallullah. Maka dengan rasa penuh taat semua melakukan tahallul. Atha berkata, Jabir berkata, Sesaat kemudian datanglah Ali dari tempat tugasnya. Ali bertanya kepada Jabir, Kenapa kamu harus bertahallul ؟ Jabir menjawab, Karena Nabi saw. juga melakukan tahallul. Rasulullah lalu bersabda kepada Ali, Sembelihlah hewan kurban dan tetaplah kamu dalam keadaan ihram. Ali kemudian menyerahkan hewan sembelihan kepada Rasulullah. Melihat hal itu Suraqah bin Malik bin Ju`tsum berkata, Ya Rasulullah! Apakah umrah itu hanya untuk tahun ini saja ataukah untuk seterusnya ؟ Rasulullah menjawab, Untuk seterusnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2131

679. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Pada zaman dahulu, orang-orang Quraisy dan orang-orang yang seagama dengannya biasa berwukuf di Muzdalifah. Mereka disebut dengan Al Hums. Padahal semua orang Arab sama berwukuf di padang Arafah. Ketika Islam datang Allah swt. menyuruh Nabi-Nya berangkat menuju ke Arafah dan mengerjakan wuquf di sana, lalu beliau bertolak dari situ. Yang demikian itu sesuai dengan firman Allah swt, ثُمَّ أَفِيضُوا مِنْ حَيْثُ أَفَاضَ النَّاسُ(Kemudian kalian bertolaklah dari tempat bertolaknya orang banyak)

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2140

680. Hadis riwayat Zubair bin Muth`im ra. ia berkata,
Aku pernah kehilangan unta, lalu aku pergi mencarinya pada hari Arafah. Saat itulah aku melihat Rasulullah bersama orang banyak tengah berwukuf di Arafah. Aku berkata, Demi Allah! Sesungguhnya ini adalah termasuk Al Hums, apa urusan dia di sini ؟ Orang-orang Quraisy dahulu termasuk dalam Al Hums

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2142

681. Hadis riwayat Abu Musa ra. ia berkata,
Aku pernah menemui Rasulullah saat beliau sedang beristirahat di Bathha'. Beliau bertanya kepadaku, Bukankah kamu sedang haji ؟ Aku menjawab, Betul. Beliau bertanya lagi, Bagaimana kamu melakukan ihram ؟ Aku menjawab, Aku datang memenuhi panggilan Allah dengan berihram seperti ihram Nabi saw. Beliau bersabda, Kalau demikian kamu telah melakukan yang terbaik. Sekarang lakukanlah tawaf di Baitullah, lakukan sai antara Safa dan Marwa, dan bertahallullah. Kemudian aku tawaf di Baitullah sai antara Safa dan Marwa. Setelah itu aku menemui seorang wanita dari Bani Qais untuk membantu mencarikan kutu di kepalaku, baru kemudian aku berihram haji. Aku memang pernah memberi fatwa kepada manusia tentang hal ini sebelum masa kekhalifahan Umar bin Khattab. Suatu hari ada seorang laki-laki datang menemuiku dan berucap, Wahai Abu Musa! atau Wahai Abdullah bin Qais! Untuk sementara tahanlah dalulu fatwamu itu, anda tidak tahu apa yang hendak diperbaharui oleh Amirul mukminin, Umar bin Khattab tentang masalah ibadah haji ini. Aku lalu memberitahukan kepada orang-orang yang pernah aku beri fatwa supaya jangan tergesa-gesa mengamalkan fatwaku, karena sesungguhnya Amirul mukminin, Umar bin Khattab akan memberikan fatwanya kepada kalian. Aku tekankan agar mereka mengikuti fatwanya saja. Tidak lama kemudian Umar datang. Ketika aku laporkan kepadanya mengenai masalah itu, dia berkata, Jika kalian berpegang teguh pada Kitab Allah, maka Kitab Allah itu menyuruh kalian untuk menyempurnakannya. Tetapi jika kalian berpegang teguh pada sunah Rasulullah maka sesungguhnya Rasulullah sendiri baru melakukan tahallul setelah hewan sembelihannya sudah siap di tempat sembelihannya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2143

682. Hadis riwayat Umar ra.,
dari Abu Musa ra. bahwa, Ia pernah memberikan fatwa mengenai haji tamattu. Lalu ada seorang lelaki berkata kepadanya, Tahanlah dahulu fatwamu itu, sebab sesungguhnya kamu belum mengerti apa yang akan difatwakan oleh Amirul mukminin nanti tentang masalah ibadah haji. Lelaki itu kemudian menemui Amirul mukminin Umar bin Khattab dan menanyakan masalah tersebut kepadanya. Umar lalu mengatakan, Aku tahu bahwa Nabi saw. pernah melakukan hal itu, demikian pula dengan beberapa orang sahabatnya. Namun aku benci bila mereka masih mencampuri para istri mereka di daerah Arak, lalu mereka berangkat beribadah haji sementara air bekas mandi junub masih menetes dari kepalanya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2145

683. Hadis riwayat Ali bin Abu Talib ra.
dari Abdullah bin Syaqiq, ia berkata bahwa Usman pernah melarang haji tamattu, sementara Ali memerintahkannya. Suatu hari Usman menemui Ali dan membicarakan masalah tersebut. Ali berkata, Sebenarnya engkau sudah mengetahui bahwa aku pernah bertamattu bersama Rasulullah. Kemudian Usman menanggapi, Betul, namun kami merasa khawatir

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2146

684. Hadis Imran bin Hushain ra.
dari Mutharrif ra. ia berkata, Imran bin Hushain pernah berkata kepadaku, Sesungguhnya aku pada hari ini akan menceritakan sebuah hadis kepadamu, mudah-mudahan akan bermanfaat untuknmu kemudian hari. Ketahuilah sesungguhnya Rasulullah saw. pernah memerintahkan umrah terhadap sekelompok keluarganya pada tanggal sepuluh Zulhijah dan belum ada ayat turun yang menghapus hal itu (kebolehan bertamattu). Jadi beliau tidak melarangnya hingga wafat, masing-masing orang boleh mengemukakan pertimbangannya setelah itu menurut pendapat sendiri

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2153

685. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. ia berkata,
Rasulullah saw. pernah bertamattu pada haji wada dalam ibadah umrah sampai dengan ibadah haji dan menyediakan binatang sembelihan. Beliau menggiring binatang sembelihan itu dari Dzul Hulaifah. Kemudian beliau memulai dengan ihram umrah baru ihram haji. Para sahabat juga ikut bertamattu bersama Rasulullah dalam ibadah umrah sampai ibadah haji. Sebagian mereka menyediakan binatang sembelihan dan menggiringnya, sedang sebagian lagi tidak menyediakan binatang sembelihan. Setibanya Rasulullah di Mekah, beliau menyampaikan pidatonya kepada khalayak ramai, Barang siapa di antara kalian yang telah menyembelih binatang (denda), maka sesungguhnya tidak dihalalkan baginya apa yang telah diharamkan, sebelum dia menyelesaikan ibadah hajinya dan barangsiapa di antara kalian yang belum menyembelih binatang (dam), maka hendaknya dia bertawaf di Baitullah, (bersai) antara Safa dan Marwa, berpangkas dan bertahallul, kemudian hendaknya dia berihram haji dan berkurban. Sedangkan orang yang tidak mendapatkan binatang sembelihan, maka hendaknya dia berpuasa tiga hari ketika masih dalam ibadah haji dan tujuh hari sesudah kembali di tengah-tengah keluarganya. Rasulullah bertawaf setibanya di Mekah, pertama-tama beliau menyalami hajar Aswad, lalu berlari-lari seperti larinya binatang buas sebanyak tiga putaran dari tujuh putaran. Setelah menyelesaikan empat putaran sisanya, beliau melakukan salat dalam tawafnya di Baitullah sebanyak dua rakaat di Maqam, sesudah salam, beliau lantas menuju Safa kemudian bersai antara Safa dan Marwa sebanyak tujuh kali. Tetapi beliau belum dihalalkan melakukan yang diharamkan sebelum beliau menyelesaikan ibadah hajinya. Pada hari Kurban beliau menyembelih kurban lalu bertolak untuk melakukan tawaf di Kakbah, baru kemudian dia dihalalkan melakukan apa yang semula diharamkan kepada beliau. Kemudian orang yang telah menyediakan binatang sembelihan dan menggiringnya, sudah boleh melakukan seperti yang dilakukan oleh Rasulullah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2159

686. Hadis riwayat Urwah bin Zubair ra. bahwa,
Aisyah ra. istri Nabi saw. memberitahukan tentang tamattu yang dilakukan Rasulullah dalam ibadah haji sampai ibadah umrah, hal itu diikuti oleh para sahabat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2160

687. Hadis riwayat Hafsah ra. istri Nabi saw. ia bertanya,
Wahai Rasulullah! Mengapa orang-orang itu sudah sama bertahallul, sementara engkau sendiri belum bertahallul dari umrah ؟ Beliau menjawab, Soalnya aku sudah terlanjur memberi minyak pada rambut kepalaku dan mengalungi hewan sembelihanku. Jadi aku harus bertahallul terlebih dahulu sebelum menyembelihnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2161

688. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra.
dari Nafi` bahwa Abdullah bin Umar ra. pergi umrah sewaktu terjadi kekacauan. Sebelum berangkat dia mengatakan, Jika aku terhalang mencapai Baitullah, maka aku akan melakukan seperti yang pernah aku lakukan bersama Rasulullah saw. Diapun mulai berjalan melangkahkan kakinya. Ketika sampai di Baida`, dia berpaling kepada teman-temannya dan berkata, Kita berangkat ini adalah karena dibekali suatu tekad yang kuat. Perlu kalian memberikan kesaksian kepadaku, bahwa aku telah mewajibkan atas diriku ibadah haji dan umrah sekaligus. Kemudian dia terus melanjutkan perjalanan. Begitu tiba di Baitullah, dia langsung melakukan tawaf sebanyak tujuh kali dan sai antara Safa dan Marwa tidak lebih, menurutnya, hal itu sudah cukup, sehingga dia langsung menyembelih binatang denda

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2164

689. Hadis riwayat Anas ra. ia berkata,
Aku pernah mendengar Nabi saw. mengucapkan talbiah haji dengan umrah sekaligus

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2168

690. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. ia berkata,
Suatu kali Rasulullah datang terus melakukan tawaf di Baitullah sebanyak tujuh kali putaran, salat dua rakaat di belakang maqam, dan melakukan sai antara Safa dan Marwa sebanyak tujuh kali. Kita tahu, sesungguhnya dalam diri Rasulullah saw. itu terdapat suri tauladan yang baik bagi kita semua

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2172

691. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Pertama kali yang dilakukan oleh Rasulullah setibanya di Mekah ialah berwudu kemudian melaksanakan tawaf di Baitullah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2173

692. Hadis riwayat Asma ra.,
dari Abdullah sahaya Asma putri Abu Bakar bahwa ia pernah mendengar Asma ra. setiap kali melewati Hujun berkata, Semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan dalam kesejahteraan kepada Rasul-Nya. Sesungguhnya aku pernah berhenti bersama beliau di tempat ini. Saat itu aku membawa sebuah koper kecil yang berisi perbekalan dan barang-barang lain yang tidak seberapa banyaknya. Aku menunaikan umrah bersama saudariku Aisyah ra, Zubair, si Fulan dan si Fulan, setelah menyentuh Kakbah, aku bertahallul dan mulai petangnya aku berihram haji

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2175

693. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Nabi saw. berihram umrah, sedang para sahabat beliau sama berihram haji. Nabi saw. dan beberapa orang sahabat yang kebetulan membawa hewan sembelihan belum bertahallul, sedangkan yang lainnya sudah. Karena Talhah bin Ubaidillah termasuk yang membawa hewan sembelihan, maka dia juga belum bertahallul

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2177

694. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Orang-orang jahiliah dahulu sama berpandangan bahwa beribadah umrah dalam bulan-bulan haji adalah termasuk dosa paling besar di muka bumi ini. Mereka menyebut bulan Muharam sebagai bulan Safar. Mereka berkata, Jika kepenatan telah sirna, bekas telapak kaki sudah hilang dan bulan Safar sudah lewat, maka bagi orang yang berumrah sudah boleh bertahallul. Pada pagi hari tanggal empat (Zulhijah) Nabi saw. dan para sahabatnya datang dalam keadaan berihram haji. Beliau memerintahkan mereka untuk beralih pada ihram umrah, tapi mereka merasa keberatan dan berkata, Wahai Rasulullah! Apa saja yang sudah dihalalkan ؟ Beliau menjawab, Semuanya sudah dihalalkan

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2178

695. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Rasulullah saw. melakukan salat Zuhur di daerah Dzul Hulaifah. Kemudian minta tolong agar untanya diambilkan. Selanjutnya beliau menandai untanya pada bongkol sebelah kanan, membersihkan darah, mengalungi lehernya dengan sepasang sandal, lalu beliau menaiki untanya yang lain. Setelah tiba di daerah Baida` beliau berihram haji

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2184

696. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Muawiah berkata kepadaku, Tahukah kamu bahwa aku pernah memangkas rambut Rasulullah dengan anak panah yang bermata lebar dan tajam di daerah Marwa ؟ Aku mengatakan kepadanya, Saya tidak mengetahui hal ini kecuali alasan atas Anda

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2188

697. Hadis riwayat Anas ra. bahwa setibanya
Ali dari Yaman, dia ditanya oleh Nabi saw., Bagaimana kamu memulai ihram ؟ Ali menjawab, Aku memulai ihram seperti yang dilakukan oleh Rasulullah. Nabi saw. bersabda, Kalau saja aku tidak terlanjur membawa hewan sembelihan, tentu aku sudah bertahallul

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2193

698. Hadis riwayat Anas ra. ia berkata,
Aku pernah mendengar Rasulullah memulai ihram umrah dan haji dengan mengucapkan, لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَحَجًّا لَبَّيْكَ عُمْرَةً وَحَجًّا Aku penuhi panggilan-Mu, untuk menunaikan ibadah umrah serta ibadah haji, aku penuhi panggilan-Mu untuk memenuhi ibadah umrah dan ibadah haji

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2194

699. Hadis riwayat Anas ra. ia berkata
bahwa Rasulullah pernah menunaikan ibadah umrah sampai empat kali. Semuanya dilakukan pada bulan Zulkaidah kecuali yang beserta ibadah haji, yaitu ibadah umrah dari Hudaibiah atau yang terjadi pada peristiwa Hudaibiah pada bulan Zulkaidah, ibadah umrah tahun berikutnya pada bulan Zulkaidah, ibadah umrah dari daerah Ji'ranah saat beliau membagi harta rampasan perang Hunain juga pada bulan Zulkaidah dan ibadah umrah yang dihimpun jadi satu sekaligus

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2197

700. Hadis riwayat Zaid bin Arqam ra.,
dari Abu Ishak ia berkata, Aku bertanya kepada Zaid bin Arqam, Berapa kali kamu ikut berperang bersama Rasulullah ؟ Zaid menjawab, Tujuh belas kali. Selanjutnya Zaid bin Arqam bercerita kepadaku bahwa Rasulullah telah berperang sebanyak sembilan belas kali dan menunaikan satu kali haji setelah hijrah, yaitu haji wada

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2198

701. Hadis riwayat Aisyah ra.,
dari Urwah bin Zubair ia berkata, Aku dan Ibnu Umar pernah duduk bersandar di dekat pintu rumah Aisyah ra. Saat itu kami mendengar Aisyah ra. sedang menggosok gigi. Aku bertanya kepada temanku itu, Wahai Abu Abdurrahman! Pernahkah Rasulullah menunaikan ibadah umrah pada bulan Rajab ؟ Dia menjawab, Pernah. Selanjutnya aku bertanya kepada Aisyah ra., Wahai Ummul mukminin! Engkau dengar apa yang baru saja dikatakan oleh Abu Abdurrahman ؟ Aisyah ra. berkata, Apa yang baru saja dia katakan ؟ Aku menjawab, Dia baru saja mengatakan bahwa Nabi saw. pernah menunaikan ibadah umrah pada bulan Rajab. Aisyah ra. mengatakan, Semoga Allah mengampuni Abu Abdurrahman. Demi umurku, beliau tidak pernah menunaikan ibadah umrah pada bulan Rajab. Padahal, setiap kali Rasulullah menunaikan umrah, aku selalu mengikutinya. Urwah bin Zubair berkata, Saat itu Ibnu Umar cuma diam saja. Dia hanya mendengarkan, dia tidak mengatakan tidak atau ya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2199

702. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bertanya kepada seorang wanita dari kaum Ansar (di mana Ibnu Abbas lupa namanya) Apa yang menghalangi kamu pergi haji bersamaku ؟ Wanita itu menjawab, Sebenarnya tidak ada, cuma aku harus mengurus memberi minum dua unta kami. Terpaksa yang pergi haji hanya suami dan anaknya dengan membawa seekor unta, sementara yang seekor lagi diurusi wanita tersebut. Rasulullah bersabda, Apabila nanti tiba bulan Ramadan, berumrahlah! Sesungguhnya umrah di bulan tersebut (pahalanya) sebanding dengan ibadah haji

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2201

703. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. ia berkata,
Rasulullah biasa keluar lewat jalur Syajarah dan masuk lewat Al Mu`arras. Jika memasuki kota Mekah, beliau biasa lewat dataran tinggi dan keluarnya lewat dataran rendah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2203

704. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Sesungguhnya Nabi saw. manakala pergi ke Mekah, beliau memasukinya lewat dataran tingginya dan keluar lewat dataran rendahnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2204

705. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa,
Sesungguhnya Rasulullah saw. bermalam di daerah Dzi Thuwa sampai pagi, kemudian beliau memasuki kota Mekah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2206

706. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. bahwa
Rasulullah menghadapkan wajahnya ke arah dua celah gunung yang terletak di antara beliau dengan gunung panjang di samping Kakbah, menempatkan mesjid yang ada di sana sebelah kiri mesjid yang berada di ujung bukit, sedang musallanya sedikit di bawahnya, yaitu di seluruh dataran bukit hitam kecuali kurang lebih sepuluh hasta, kemudian salat menghadap dua celah gunung panjang yang terletak antara kamu dan Kakbah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2209

707. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa,
Rasulullah saw. apabila melakukan tawaf dalam haji dan umrah, maka pertama kali yang beliau lakukan ialah berlari-lari kecil tiga kali putaran di sekitar Kakbah, kemudian berjalan biasa sebanyak empat kali, lalu melakukan salat dua rakaat, barulah kemudian melakukan sai antara Safa dan Marwah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2210

708. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra.
dari Abu Thufail, ia berkata, Aku bertanya kepada Ibnu Abbas, Bagaimana pendapatmu mengenai berlari kecil tiga kali putaran dan berjalan biasa empat kali putaran di sekitar Kakbah, sunahkah hukumnya ؟ Soalnya kaummu menganggap hal itu hukumnya sunah. Ibnu Abbas menjawab, Mereka benar dan juga bohong. Abu Thufail bertanya, Apa maksud ucapanmu yang membingungkan itu ؟ Ibnu Abbas menjawab, Sesungguhnya ketika Rasulullah datang di Mekah, orang-orang musyrik berkata, Sesungguhnya Muhammad dan sahabat-sahabatnya tidak mampu melakukan tawaf di sekitar Kakbah. Mereka sengaja mengejek dan menghasut beliau. Rasulullah lalu memerintahkan para sahabatnya untuk lari-lari kecil sebanyak tiga kali dan berjalan biasa sebanyak empat kali. Abu Thufail bertanya, Beritahu aku mengenai sai antara Safa dan Marwa dengan naik kendaraan, sunahkah hukumnya ؟ Soalnya kaummu sama menganggap bahwa hal itu hukumnya sunah. Lagi-lagi Ibnu Abbas menjawab, Mereka benar dan juga bohong. Abu Thufail bertanya, Apa pula maksud ucapanmu itu ؟ Ibnu Abbas menjawab, Sesungguhnya Rasulullah pernah dikerumuni banyak orang, mereka mengatakan ini Muhammad. Ini Muhammad, sampai wanita-wanita remajapun keluar dari rumahnya. Rasulullah hanya diam saja, baru ketika kerumunan manusia kian banyak, beliau segera menunggangi kendaraannya. Walaupun begitu berjalan biasa dan berjalan agak cepat lebih utama

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2217

709. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. ia berkata,
Aku tidak pernah melihat Rasulullah mengusap sesuatu yang ada di Kakbah, kecuali dua Rukun Yamani

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2222

710. Hadis riwayat Umar bin Khattab ra.,
Umar bin Khattab pernah mencium hajar aswad (batu hitam), setelah itu beliau mengatakan, Demi Allah! Aku tahu bahwa kamu hanyalah sebongkah batu, sekiranya aku tidak melihat Rasulullah menciummu, aku tidak akan menciummu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2228

711. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. bahwa,
Rasulullah saw. melaksanakan tawaf dalam haji wada di atas seekor unta, beliau mengusap batu dengan menggunakan tongkat yang sudah dibengkokkan ujungnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2233

712. Hadis riwayat Ummu Salamah ra. ia berkata,
Aku mengadukan persoalan yang aku hadapi kepada Rasulullah dan beliau bersabda, Lakukanlah tawaf di belakang orang-orang dengan menumpang kendaraan. Aku penuhi perintah beliau itu, pada saat itu Rasulullah tengah melaksanakan salat di samping Kakbah. Beliau membaca surat Ath Thur

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2238

713. Hadis riwayat Aisyah ra.,
dari Urwah ra. ia berkata, Aku berkata kepada Aisyah ra., Aku pikir, seorang lelaki seandainya tidak sai antara Safa dan Marwah, tidaklah apa-apa. Aisyah ra. bertanya, Kenapa ؟ Aku jawab, Karena Allah swt. berfirman, إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ(sampai akhir ayat). (Sesungguhnya Safa dan Marwa adalah sebahagian dari syiar Allah). (sampai akhir ayat). Aisyah ra. berkata, Allah tidak menganggap telah sempurna haji dan umrah seseorang yang tidak melakukan sai antara Safa dan Marwa. Kalau benar apa yang kamu katakan itu, niscaya tidak berdosa orang yang tidak melakukan sai antara kedua tempat tersebut. Kamu tahu, apa artinya hal itu ؟ Pada zaman Jahiliah orang-orang Ansar suka sekali memuji dua berhala yang berada di tepi laut yang bernama Isaf dan Nailah. Kemudian mereka datang dan melakukan sai antara Safa dan Marwah. Kemudian mereka mencukur rambut. Ketika Islam datang, mereka enggan melakukan sai antara kedua tempat tersebut karena kebiasaan yang telah mereka lakukan pada masa Jahiliah. Setelah Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung berfirman, إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ(Sesungguhnya Safa dan Marwa itu adalah sebahagian dari syiar Allah), barulah mereka mau melakukan sai di tempat itu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2239

714. Hadis riwayat Anas ra. ia berkata,
Kaum Ansar enggan melakukan sai antara Safa dan Marwa Sehingga turun ayat, إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ فَمَنْ حَجَّ البَيْتَ أَوْ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا(Sesungguhnya Safa dan Marwah itu adalah sebahagian syiar Allah, maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, tiada berdosa untuk melakukan sai antara keduanya)

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2243

715. Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra. ia berkata,
Aku mengikuti Rasulullah mulai dari Arafah. Ketika sampai di lereng kiri sebelum Muzdalifah, beliau turun dari unta lalu buang air kecil. Aku menuangkan air untuk berwudu dan beliaupun berwudu ala kadarnya. Aku bertanya, Mau melaksanakan salat wahai Rasulullah ؟ Beliau menjawab, salat ada di depanmu. Beliau lalu menaiki hewan kendaraannya sampai tiba di Muzdalifah, dan melaksanakan salat. Keesokan harinya Al Fadl membonceng Nabi di atas unta beliau menuju Jami'

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2245

716. Hadis riwayat Abdullah bin Abbas ra. bahwa,
Rasulullah selalu membaca talbiah hingga beliau sampai di Jumrah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2246

717. Hadis riwayat Anas bin Malik ra.,
dari Muhammad bin Abu Bakar Ats Tsaqafi, bahwa dalam suatu perjalanan dari Mina ke Arafah, dia bertanya kepada Anas bin Malik, Hari begini apa yang kamu lakukan bersama Rasulullah ؟ Anas menjawab, Di antara kami ada yang membaca tahlil, beliau diam saja. Di antara kami juga ada yang membaca takbir, beliau juga diam saja

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2254

718. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. bahwa,
Rasulullah saw. bertolak dari Arafah, sementara Usamah dibonceng di belakang beliau. Kata Usamah, Rasulullah terus berjalan sampai tiba di Jami'

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2262

719. Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra.,
dari Urwah bin Zubair ia berkata, Usamah bin Zaid ditanya dan saya menyaksikan, atau dia berkata, Aku bertanya Usamah bin Zaid tentang perjalanan Rasulullah saw. dari Arafah. Aku berkata, Bagaimana Rasulullah melakukan perjalanan ketika bertolak dari Arafah. Ia berkata, Beliau menjalankan untanya cukup cepat, sesampainya di sebuah tempat yang cukup lapang, beliau berhenti

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2263

720. Hadis riwayat Abu Ayub ra. bahwa,
Dia pernah salat Magrib dan Isya bersama Rasulullah di Muzdalifah pada waktu haji wada

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2264

721. Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra. ia berkata,
Aku tidak pernah menyaksikan Rasulullah saw. melakukan satu salatpun kecuali pada waktunya, kecuali dua macam salat yakni, salat Magrib dan salat Isya di Jami'. Pada waktu itu pula beliau melakukan salat Fajar sebelum waktunya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2270

722. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Pada suatu malam di Muzdalifah, Saudah meminta izin kepada Rasulullah saw. untuk bertolak terlebih dahulu sebelum beliau dan rombongan massa, karena ia seorang wanita tsabithah (Al Qasim berkata, Tsabithah maksudnya adalah gemuk). Rasulullahpun mengizinkannya, Saudahpun bertolak lebih dahulu sebelum beliau, sementara kami harus menunggu sampai pagi hari dan bertolak bersama beliau. Kata Aisyah ra., Aku tidak akan minta izin kepada Rasulullah saw. sebagaimana yang dilakukan oleh Saudah tersebut, karena saya lebih suka bertolak bersama beliau

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2271

723. Hadis riwayat Asma ra.,
dari Abdillah budak Asma ia berkata, Asma pada waktu sedang berada di Darul Muzdalifah berkata, Apakah rembulan telah menghilang ؟ Aku menjawab, Belum. Lantas dia salat. Kemudian bertanya lagi, Wahai anakku! Apakah rembulan telah menghilang ؟ Aku jawab, Ya. Maka ia berkata, Ayolah pergi bersamaku. Kamipun pergi sampai dia melempar jumrah, kemudian salat di rumahnya dan aku bertanya, Bukankah ini masih terlalu malam. Dia menjawab, Tidak wahai anakku, sesungguhnya Nabi saw. telah mengizinkan untuk berangkat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2274

724. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Aku pernah dikirim oleh Rasulullah bersama dengan barang dagangan dari Jami' pada suatu malam

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2277

725. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. bahwa
dia memerintahkan anggota keluarganya yang lemah untuk berangkat terlebih dahulu. Tengah malam rombongan berhenti di dekat Masyaril Haram di Muzdalifah, mereka berzikir kepada Allah, kemudian mereka bertolak lagi sebelum imam berhenti dan bertolak. Di antara mereka ada yang langsung menuju Mina untuk menunaikan salat Subuh dan ada pula yang tidak. Ketika mereka semua datang, mereka langsung melempar jumrah. Ibnu Umar berkata, Rasulullah memang sengaja memberikan kemurahan kepada mereka

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2281

726. Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra.,
dari Abdurrahman bin Yazid ra. ia berkata, Abdullah bin Masud melempar jumrah Aqabah dari tengah-tengah lembah. Aku berkata, Wahai Abu Abdirrahman Orang-orang sama melemparnya dari atas. Abdullah bin Masud berkata, Demi Allah, itulah tempat orang yang dituruni surat Al Baqarah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2282

727. Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra. ia berkata,
Rasulullah mencukur gundul rambutnya dan diikuti oleh sekelompok sahabat, sementara sebagian sahabat hanya memangkas saja. Kata Abdullah, Sesungguhnya Rasulullah bersabda, Mudah-mudahan Allah merahmati orang-orang yang menggundul rambutnya, satu atau dua kali, kemudian baru beliau bersabda, dan juga orang-orang yang hanya memangkas

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2292

728. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, Ya Allah! Berilah ampun kepada orang-orang yang menggundul rambutnya. Para sahabat berkata, Wahai Rasulullah! bagaimana dengan orang-orang yang memangkasnya. Beliau bersabda, Ya Allah, berilah ampun kepada orang-orang yang menggundul rambutnya. Mereka berkata, Wahai Rasulullah! bagaimana dengan orang-orang yang memangkasnya ؟ Beliau bersabda, Ya Allah, berilah ampun kepada orang-orang yang menggundul rambutnya. Kembali berkata lagi, Wahai Rasulullah! bagimana dengan orang-orang yang hanya memangkasnya.؟ Beliau bersabda, dan juga orang-orang yang hanya memangkasnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2295

729. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa
Rasulullah saw. mencukur gundul rambut kepalanya dalam haji wada

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2297

730. Hadis riwayat Anas bin Malik ra. bahwa
setibanya Rasulullah di Mina beliau langsung menuju Jumrah dan melemparnya, kemudian beliau kembali ke tempat kediamannya di Mina lalu menyembelih kurban. Kemudian beliau bersabda kepada tukang cukur, Ambillah, sambil menunjuk pada bagian kepalanya yang sebelah kanan, kemudian yang sebelah kiri. Setelah itu rambut beliau diberikannya kepada para sahabat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2298

731. Hadis riwayat Abdullah bin Amru bin Ash ra. ia berkata,
Rasulullah saw. pada haji Wada berhenti di daerah Mina untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan sekelompok orang. Kemudian datang seorang lelaki seraya berkata, Wahai Rasulullah! Tanpa sadar aku telah terlanjur bercukur padahal belum menyembelih kurban. Beliau bersabda, Sembelihlah kurban, itu tidak apa-apa. Selanjutnya datang lagi seorang lelaki yang lain sembari berkata, Wahai Rasulullah! Tanpa sadar aku telah terlanjur menyembelih kurban padahal belum melempar. Beliau bersabda, Melemparlah, itu tidak apa-apa. Dia (Abdullah bin Amru bin Ash) berkomentar, setiap kali Rasulullah ditanya tentang sesuatu (masalah) yang terlanjur didahulukan atau ditangguhkan, beliau hanya bersabda, Kerjakanlah, itu tidak apa-apa

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2301

732. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. bahwa,
Nabi saw. pernah ditanya mengenai masalah mendahulukan dan mengakhirkan menyembelih kurban, mencukur dan melempar, beliau menjawab, Tidak apa-apa

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2306

733. Hadis riwayat Anas bin Malik ra.,
dari Abdul Aziz bin Rufai ia berkata, Aku pernah bertanya kepada Anas bin Malik ra., Ceritakan kepadaku tentang sesuatu yang kamu ketahui dari Rasulullah saw, di mana beliau melakukan salat Zuhur pada hari Tarawiah. Anas menjawab, Di Mina. Aku bertanya lagi, Di mana beliau melakukan salat Asar pada hari Nafar. Anas menjawab, Di Abthah. Kerjakanlah seperti yang dikerjakan oleh pimpinan-pimpinanmu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2308

734. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa,
Nabi saw, Abu Bakar, dan Umar pernah berhenti di Abthah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2309

735. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Berhenti di daerah Abthah tidak sunah hukumnya, tetapi Rasulullah pernah melakukannya, karena daerah itu adalah suatu tempat berhenti yang memudahkan beliau untuk berangkat pulang

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2311

736. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Berhenti di Muhashab itu tidak membawa dampak hukum, ia hanya merupakan persinggahan dimana Rasulullah pernah berhenti di sana

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2313

737. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.,
dari Rasulullah saw. beliau bersabda, Insya Allah, besok pagi aku akan berhenti di lembah Bani Kinanah, di mana mereka pernah bersumpah untuk kafir

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2315

738. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa,
Sesungguhnya Abbas bin Abdul Mutalib pernah minta izin kepada Rasulullah untuk menginap di Mekah pada malam hari Mina karena kepentingan mencari air dan beliau memberikan izin kepadanya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2318

739. Hadis riwayat Ali ra. ia berkata,
Rasulullah pernah menyuruhku mengurusi untanya, selanjutnya mensedekahkan daging, kulit dan pakaiannya serta melarangku memberikannya kepada tukang jagal. Beliau bersabda, Kita boleh memberikan yang lain untuk mereka

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2320

740. Hadis riwayat Jabir bin Abdullah ra. ia berkata,
Aku pernah berkurban bersama Rasulullah pada tahun Hudaibiah dengan seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuh orang pula

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2322

741. Hadis riwayat Ibnu Umar ra.
dari Ziad bin Zubair bahwa Ibnu Umar mendatangi seorang lelaki yang sedang menyembelih untanya dalam keadaan menderum. Lantas dia (Ibnu Umar) berkata, Bangunkanlah ia, biar dalam keadaan berdiri dan terikat (kaki bagian depan yang sebelah kiri), itulah aturan Nabi kalian

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2330

742. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. pernah mengirim ternak sembelihan dari Madinah dan aku yang memintal kalung-kalung ternak sembelihan itu. Selanjutnya beliau tidak menjauhi apapun yang semestinya dijauhi oleh orang yang sedang berihram

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2331

743. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa,
Rasulullah saw. pernah melihat seorang laki-laki menuntun seekor unta. Lantas beliau bersabda, Naikilah ia! Lelaki tadi menjawab, Wahai Rasulullah! Sesungguhnya ia adalah seekor unta yang akan dikurbankan. Beliau bersabda, Naikilah ia! Bodoh amat kamu! Dalam sabdanya yang kedua atau yang ketiga

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2342

744. Hadis riwayat Anas ra. ia berkata,
Rasulullah saw. pernah bertemu dengan seorang lelaki yang sedang menuntun seekor unta, kemudian beliau bersabda, Naikilah ia! Lelaki tadi menjawab, Tetapi ia adalah seekor unta yang akan dikorbankan. Beliau bersabda, Naikilah ia! Beliau mengulang sabdanya itu sampai dua atau tiga kali

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2344

745. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Dulu orang-orang pernah bermaksud pulang ke tempat masing-masing dari berbagai arah, lalu Rasulullah saw. bersabda, Janganlah sekali-kali kamu pergi, sebelum mengakhiri perjumpaan kamu dengan Baitullah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2350

746. Hadis riwayat Bilal ra.,
dari Abdullah bin Umar ra. bahwa, Rasulullah saw. pernah memasuki Kakbah bersama Usamah, Bilal dan Usman bin Talhah Al Hajabi juru kunci, kemudian Usman bin Thalhah menutupnya, beliau tinggal di dalamnya. Ibnu Umar berkata, Aku bertanya kepada Bilal setelah keluar, Apa yang dilakukan Rasulullah ؟ Dia menjawab, Beliau mengambil posisi sebelah kiri di tempat terdapatnya dua tiang, sebelah kanannya terdapat satu tiang dan bagian belakangnya terdapat tiga tiang. Jadi di dalam bangunan Baitullah terdapat enam tiang. Selanjutnya beliau mengerjakan salat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2358

747. Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra. bahwa,
Ibnu Juraij pernah memberitahu kami, ia berkata, Aku pernah bertanya kepada Atha, Apakah kamu pernah mendengar Ibnu Abbas berkata, Sesungguhnya kalian hanya diperintah untuk bertawaf bukan diperintah untuk masuk ke dalamnya ؟ Atha berkata, Ibnu Abbas tidak melarang orang masuk di dalamnya. Sebab aku pernah mendengar ia berkata, Usamah bin Zaid bercerita kepadaku, bahwa Nabi saw. ketika masuk Baitullah, beliau berdoa disetiap sudutnya dan tidak mengerjakan salat sampai beliau keluar. Kemudian setelah itu barulah beliau mengerjakan salat dua rakaat di bagian Baitullah yang paling depan, lalu beliau bersabda, Ini adalah Kiblat. Kemudian aku bertanya kepada Usamah bin Zaid, Pada setiap penjuru atau pada satu sudut saja ؟ Usamah bin Zaid menjawab, Semua arah Baitullah adalah kiblat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2364

748. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. bahwa
Rasulullah saw. pernah masuk Kakbah yang dalamnya terdapat enam tiang. Beliau berdiri dekat salah satu tiang lalu berdoa. Beliau tidak mengerjakan salat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2365

749. Hadis riwayat Abdullah bin Abu Aufa ra.,
dari Ismail bin Abu Khalid, ia berkata, Aku pernah bertanya kepada Abdullah bin Abu Aufa ra. sahabat Rasulullah, Apakah Nabi saw. pernah masuk Baitullah ketika menunaikan ibadah umrah ؟ Dia menjawab, Tidak

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2366

750. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Rasulullah bersabda kepadaku, Kalau saja kaummu tidak dekat dengan zaman kekufuran, niscaya Kakbah akan aku bongkar dan aku buat sesuai dengan fondasi Ibrahim as. Sebab, orang-orang Quraisy duhulu membangun Baitullah kurang sempurna dan akan aku buatkan sebuah pintu belakang

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2367

751. Hadis riwayat Abdullah bin Abbas ra. bahwa,
Fadal bin Abbas pernah dibonceng Rasulullah, mendadak ada seorang wanita dari suku Khats`am menemui beliau untuk meminta fatwa. Fadal memandang wanita itu dan kebetulan si wanita juga memandangnya. Melihat hal itu Rasulullah memalingkan wajah Fadal ke arah lain. Wanita itu berkata, Wahai Rasulullah! Sesungguhnya Allah telah mewajibkan atas hamba-hambanya menunaikan ibadah haji. Ternyata aku mendapati ayahku sudah lanjut usia sehingga tidak mampu bertahan di atas kendaraan. Apakah aku harus melakukan ibadah haji untuknya ؟ Beliau menjawab, Ya. Peristiwa itu terjadi ketika beliau menunaikan haji Wada

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2375

752. Hadis riwayat Abdullah bin Abbas ra. bahwa,
Fadal bin Abbas pernah dibonceng Rasulullah, mendadak ada seorang wanita dari suku Khats`am menemui beliau untuk meminta fatwa. Fadal memandang wanita itu dan kebetulan si wanita juga memandangnya. Melihat hal itu Rasulullah memalingkan wajah Fadal ke arah lain. Wanita itu berkata, Wahai Rasulullah! Sesungguhnya Allah telah mewajibkan atas hamba-hambanya menunaikan ibadah haji. Ternyata aku mendapati ayahku sudah lanjut usia sehingga tidak mampu bertahan di atas kendaraan. Apakah aku harus melakukan ibadah haji untuknya ؟ Beliau menjawab, Ya. Peristiwa itu terjadi ketika beliau menunaikan haji Wada

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2375

753. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Rasulullah pernah menyampaikan pidato kepada kami, Wahai manusia, sesungguhnya Allah telah mewajibkan kalian menunaikan ibadah haji, maka berhajilah. Seorang lelaki bertanya, Apakah setiap tahun, wahai Rasulullah ؟ Beliau hanya diam saja. Sehingga lelaki tadi mengulangi pertanyaannya sampai tiga kali. Baru Rasulullah menjawab, Jika aku katakan 'ya' niscaya ia wajib dilakukan tiap tahun dan kalian tidak mampu melakukannya. Selanjutnya beliau bersabda, Tinggalkanlah sesuatu yang tidak aku singgung-singgung. Sesungguhnya kerusakan orang-orang yang sebelum kalian adalah disebabkan mereka sering bertanya dan mereka selalu tidak sepaham dengan nabi-nabinya. Apabila aku memerintahkan sesuatu kepada kalian, maka lakukanlah sebisanya, apabila aku melarang sesuatu kepada kalian, maka tinggalkanlah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2380

754. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa
Rasulullah saw. bersabda, Janganlah seorang wanita pergi selama tiga hari tanpa bersama muhrimnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2381

755. Hadis riwayat Abu Said ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, Janganlah bepergian selain ke tiga mesjid, mesjidku ini, Masjidilharam dan Masjidilaksa. Aku juga pernah mendengar beliau bersabda, Janganlah seorang wanita bepergian selama dua hari kecuali bersama muhrim atau suaminya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2383

756. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Rasulullah bersabda, Tidak halal bagi wanita muslim bepergian selama satu malam kecuali bersama seorang lelaki muhrimnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2386

757. Hadis riwayat Abu Said Al Khudri ra. ia berkata,
Rasulullah saw. telah bersabda, Tidak halal bagi seorang wanita yang mengaku beriman kepada Allah dan hari kiamat bepergian selama tiga hari apalagi lebih kecuali ia bersama ayah, anak, suami, saudara, atau muhrimnya yang lain

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2390

758. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Aku pernah mendengar Nabi saw. berpidato, Janganlah sekali-kali seorang lelaki berduaan dengan seorang wanita, kecuali bersama muhrimnya dan janganlah seorang wanita bepergian kecuali bersama muhrimnya. Tiba-tiba seorang lelaki bangkit berdiri dan berkata, Wahai Rasulullah, sesungguhnya istriku bepergian untuk menunaikan ibadah haji, sedangkan aku berkewajiban mengikuti peperangan ini. Beliau bersabda, Berangkatlah berhaji bersama istrimu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2391

759. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. ia berkata,
Ketika Rasulullah pulang dari peperangan, dari menunaikan ibadah haji atau dari menunaikan ibadah umrah dan sudah sampai di lembah Tsaniyah atau Fadfad, beliau membaca takbir tiga kali seraya berdoa, لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ آيِبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ سَاجِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ صَدَقَ اللَّه وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الْأَحْزَابَ وَحْدَهُ Tiada Tuhan melainkan yang Esa tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya segala kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Kami pulang, bertaubat, mengabdi, bersujud dan kami memuji kepada Tuhan kami. Allah telah menepati janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan pasukan-pasukan yang bersekutu dengan sendirian

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2394

760. Hadis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata,
Aku pernah pulang bersama Rasulullah, Abu Talhah dan Sofiah yang dibonceng di belakang unta beliau. Ketika sudah berada di jalan jurusan Madinah, beliau berdoa, آيبُونَ تَائِبُونَ عَابِدُونَ لِرَبِّنَا حَامِدُونَ Kami pulang, bertaubat, mengabdi dan kami memuji kepada Tuhan kami. Beliau selalu membaca doa tadi sampai kami tiba di Madinah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2395

761. Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra. bahwa
Rasulullah saw. pernah menderumkan untanya di Bathha' yang berada di wilayah Dzul Hulaifah untuk melakukan salat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2396

762. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa
Rasulullah saw. pernah didatangi malaikat ketika sedang beristirahat di Dzul Hulaifah. Kemudian dikatakan kepada beliau, Sesungguhnya engkau berada di Bathha' yang penuh barakah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2399

763. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Aku pernah diutus oleh Abu Bakar Siddik yang ketika itu diangkat Rasulullah menjadi pimpinan yang menangani masalah haji (amir haji) sebelum dilaksanakannya haji Wada, untuk menyampaikan sebuah pengumuman kepada segenap orang pada hari kurban bahwa setelah tahun ini orang musyrik tidak boleh melakukan kegiatan haji dan tidak boleh bertawaf di Baitullah dengan telanjang bulat

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2401

764. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa
Rasulullah saw. bersabda, Ibadah umrah sampai ibadah umrah berikutnya adalah penghapus dosa di antara keduanya. Haji mabrur, tiada balasannya melainkan surga

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2403

765. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. telah bersabda, Barangsiapa yang berkunjung ke Baitullah ini lalu tidak berbicara kotor dan tidak berbuat cabul, maka dia akan kembali seperti ketika dilahirkan oleh Ibunya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2404

766. Hadis riwayat Usamah bin Zaid bin Haritsah ra.,
Dia pernah bertanya, Wahai Rasulullah! Apakah engkau akan singgah di kediamanmu di Mekah ؟ Rasulullah saw. menjawab, Kamu kira apakah si Aqil meninggalkan rumah-rumah untuk kita

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2405

767. Hadis riwayat Al Ala bin Al Hadhrami ra. ia berkata,
Aku pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda, Bagi orang yang berhijrah, sesudah tiba di Mekah, boleh tinggal di kota itu selama tiga hari

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2408

768. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Pada hari peristiwa penaklukan kota Mekah Rasulullah saw. bersabda, Tidak ada lagi yang namanya hijrah dari Mekah, tetapi yang ada ialah jihad dan niat. Apabila kamu dipanggil oleh penguasa untuk berperang, maka berangkatlah. Pada kesempatan lain pasca peristiwa penaklukan kota Mekah, Rasulullah saw. juga bersabda, Sesungguhnya Allah mengharamkan negeri ini semenjak Dia menciptakan langit dan bumi. Negeri ini diharamkan oleh Allah sampai hari kiamat kelak. Sebelumku, siapapun tidak dihalalkan berperang di negeri ini, bahkan aku sendiri juga tidak dihalalkan melakukan hal yang sama kecuali sesaat di siang hari. Negeri ini diharamkan oleh Allah sampai hari kiamat nanti. Pohonnya yang berduri tak boleh ditebang, hewan buruannya tak boleh dibunuh dan tidak boleh memungut barang temuan kecuali dengan maksud untuk mengumumkannya, rerumputannya tidak boleh dicabut atau dipotong. Abbas berkata, Kecuali rumput ilalang, wahai Rasulullah! Karena ia sangat bermanfaat bagi orang. Rasulullah saw. bersabda, Ya, kecuali rumput ilalang

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2412

769. Hadis riwayat Abu Syuraih Al Adawi ra. bahwa
dia pernah berkata kepada Amr bin Said, yang menyuruh beberapa orang utusan ke Mekah, Izinkan aku, wahai Amir, untuk menceritakan kepada Anda satu ucapan yang disampaikan oleh Rasulullah saw. pada hari peristiwa penaklukan (kota Mekah). Aku dengar sabda beliau dengan kedua telingaku, dengan hati khusyuk dan dengan kedua pasang mataku, setelah memanjatkan puja-puji kehadirat Allah, beliau bersabda, Sesungguhnya Allah-lah yang mengharamkan Mekah. Jadi bukan manusia yang mengharamkannya. Tidak halal bagi orang yang beriman kepada Allah dan kepada hari kiamat menumpahkan darah di dalamnya atau menebang salah satu pohonnya. Apabila ada orang yang mempersoalkan kemurahan yang diberikan kepada Rasulullah saw. dalam hal ini, maka katakan saja kepadanya, bahwa sesungguhnya Allah memang mengizinkan kepada Rasul-Nya namun tidak mengizinkannya kepada kamu. Sedangkan aku sendiri sebenarnya hanya diizinkan selama satu jam di waktu siang hari. Keharaman yang ada pada hari ini adalah seperti yang diberlakukan kemarin. Hendaklah orang yang hadir menyaksikannya berkenan menyampaikannya kepada orang yang kebetulan absen

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2413

770. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Ketika Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Agung berkenan menaklukkan kota Mekah untuk Rasulullah saw. beliau berdiri dihadapan orang-orang, setelah memanjatkan puja-puji kehadirat Allah, beliau bersabda, Sesungguhnya Allah telah berkenan menahan lajunya pasukan gajah dari Mekah dan menguasakan kota tersebut kepada Rasul-Nya dan kepada orang-orang mukmin. Sesungguhnya Mekah ini tidak dihalalkan bagi seorangpun sebelum maupun sesudahku. Bagiku sendiri hanya dihalalkan selama satu jam pada siang hari. Binatang buruan kota tersebut tidak boleh dibunuh. Pohonnya yang berduri tidak boleh ditebang. Barang temuannya tidak halal kecuali untuk tujuan diumumkan. Barangsiapa yang dibunuh, maka walinya boleh memilih satu antara dua pilihan, dia bisa menuntut diyat atau balas membunuh. Abbas mengatakan, Kecuali rumput ilalang, wahai Rasulullah! Soalnya barang itu bisa kita manfaatkan buat keperluan kubur dan rumah kami. Rasulullah saw. bersabda, Ya, kecuali rumput ilalang. Tiba-tiba seorang lelaki dari penduduk Yaman bernama Abu Syah berdiri dan berkata, Tuliskanlah untukku, wahai Rasulullah. Rasulullah saw. bersabda, Tuliskanlah untuk Abu Syah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2414

771. Hadis riwayat Anas bin Malik ra. bahwa,
Nabi saw. pernah berkunjung ke kota Mekah pada tahun penaklukan kota tersebut dengan mengenakan mighfar (sebuah tutup kepala terbuat dari anyaman besi). Saat beliau melepasnya, mendadak seorang laki-laki mendekatinya dan berkata, Ibnu Khathal adalah orang yang bergantungan pada satir-satir Kakbah. Nabi saw. menyuruh sahabat untuk membunuhnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2417

772. Hadis riwayat Abdullah bin Zaid bin Ashim ra. bahwa,
Rasulullah saw. bersabda, Sesungguhnya Ibrahim telah memuliakan (mengharamkan) Mekah dan mendoakan penduduknya, akupun memuliakan (mengharamkan) Madinah sebagaimana Ibrahim telah memuliakan (mengharamkan) Mekah. Aku juga mendoakan keberkahan makanan (Madinah), sebagaimana Ibrahim pernah mendoakan penduduk Mekah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2422

773. Hadis riwayat Anas bin Malik ra.,
dari Ashim ia berkata, Aku bertanya kepada Anas bin Malik, Apakah benar Rasulullah saw. memuliakan (mengharamkan) Madinah ؟ Anas menjawab, Ya, yaitu antara gunung ini sampai gunung ini. Rasulullah saw. juga pernah bersabda kepadaku dengan nada mengancam, Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan dosa, maka dia akan dilaknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Allah tidak mau menerima taubat dan tebusan darinya pada hari kiamat kelak

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2429

774. Hadis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, اللَّهُمَّ اجْعَلْ بِالْمَدِينَةِ ضِعْفَيْ مَا بِمَكَّةَ مِنَ الْبَرَكَةِ Ya Allah, limpahkanlah berkah bagi Madinah dua kali lipat dari yang Engkau limpahkan pada Mekah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2432

775. Hadis riwayat Ali bin Abu Talib ra.,
dari Yazid bin Syarik bin Tariq ia berkata, Ali bin Abu Talib berpidato di hadapan kami, ia berkata, Barangsiapa yang menganggap bahwa di sisi kita ada sesuatu yang kita baca selain Kitab Allah dan shahifah ini (yaitu shahifah yang digantungkan pada sarung pedangnya), maka berarti dia telah berdusta. Dalam shahifah ini termuat masalah gigi-gigi yang diberikan sebagai diyat, memuat berbagai masalah tindakan kriminal dan juga memuat sabda Nabi saw, Madinah itu tanah haram, yaitu dari gunung Iir sampai gunung Tsaur. Barangsiapa yang melakukan suatu dosa atau mendukung orang yang melakukan perbuatan nista, maka dia akan ditimpa oleh laknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Pada hari kiamat kelak, Allah tidak sudi menerima taubat dan fidyah darinya. Jaminan yang diberikan oleh kaum muslimin adalah satu, mereka semua berkewajiban melaksanakannya biarpun jaminan itu diberikan oleh orang yang paling rendah di antara mereka. Barangsiapa yang mengaku ayah pada selain ayahnya atau mengakui loyalitas pada selain tuannya, maka dia akan terkena laknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Allah juga tidak sudi menerima taubat dan tebusan darinya pada hari kiamat nanti. Hadisnya Abu Bakar dan Zuhair hanya berhenti pada kalimat, (diberikan oleh orang yang paling rendah di antara mereka). Mereka berdua tidak menyebutkan kalimat sesudahnya, yaitu kalimat tergantung pada sarung pedangnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2433

776. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.,
dari Nabi saw. beliau bersabda, Madinah itu tanah haram. Barangsiapa yang melakukan suatu perbuatan dosa atau mendukung orang yang melakukan perbuatan nista, maka dia akan terkena laknat Allah, para malaikat dan seluruh manusia. Pada hari kiamat kelak, Allah tidak mau menerima taubat dan fidyahnya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2434

777. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Ketika kami datang di Madinah, kota tersebut terlanda wabah penyakit yang cukup serius. Sampai-sampai Abu Bakar dan Bilal mengadukan hal itu. Ketika Rasulullah saw. melihat pengaduan sahabat-sahabat, beliau berdoa, اللَّهُمَّ حَبِّبْ إِلَيْنَا الْمَدِينَةَ كَمَا حَبَّبْتَ مَكَّةَ أَوْ أَشَدَّ وَصَحِّحْهَا وَبَارِكْ لَنَا فِي صَاعِهَا وَمُدِّهَا وَحَوِّلْ حُمَّاهَا إِلَى الْجُحْفَةِ Ya Allah, jadikanlah kami tetap mencintai Madinah sebagaimana Engkau buat kami mencintai Mekah bahkan lebih berat lagi. Limpahkanlah kesehatan padanya. Berkahilah untuk kami makanan yang biasa dihitung dengan hitungan sha` maupun mud. Pindahkanlah penyakit Madinah ke daerah Juhfah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2444

778. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, Pada setiap lubang Madinah itu terdapat malaikat. Penyakit tha`un dan juga Dajal tidak akan bisa masuk padanya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2449

779. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa,
Rasulullah saw. bersabda, Akan datang suatu zaman di mana seorang lelaki mengajak keponakan atau kerabatnya yang lain, Marilah mencari tempat yang lebih senang! Marilah pergi ke tempat yang lebih rilek! Padahal Madinah itu lebih baik bagi mereka sekiranya mereka mengetahui. Demi Zat yang jiwaku ada dalam genggaman tangan-Nya. Setiap orang dari mereka yang meninggalkan (Madinah) karena alasan tidak suka, maka Allah akan menggantikan mereka dengan orang yang lebih baik. Ketahuilah, sesungguhnya Madinah itu seperti cerobong dapur yang mengepulkan asap dan kiamat tidak akan tiba sebelum Madinah mengeluarkan bola api, seperti cerobong dapur yang mengeluarkan asap priuk

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2451

780. Hadis riwayat Jabir bin Abdullah ra. bahwa
ada seorang dusun berbaiat kepada Rasulullah saw. Suatu hari dia diserang penyakit yang cukup serius di Madinah. Dia menemui Nabi saw. dan berkata, Wahai Muhammad! Batalkan saja pembaiatanku. Rasulullah saw. tidak mau. Kemudian dia datang lagi kepada beliau dan berkata, Batalkan pembaiatanku. Rasulullah tidak mau. Untuk ketiga kalinya dia datang lagi kepada Rasulullah saw. dan berkata, Batalkan pembaiatanku. Tetapi Rasulullah saw. sempat bersabda, Sesungguhnya Madinah itu seperti cerobong dapur, ia mengeluarkan asap kotorannya tetapi memurnikan aromanya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2453

781. Hadis riwayat Zaid bin Tsabit ra.,
dari Nabi saw. beliau bersabda, Sesungguhnya Madinah itu bagus. Sesungguhnya ia akan mengeluarkan kotoran, seperti api mengeluarkan kotoran tembaga

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2454

782. Hadis riwayat Saad bin Abu Waqqash ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, Barangsiapa yang bermaksud jahat terhadap penduduk Madinah, maka Allah akan menghancurkannya seperti garam yang hancur dalam air

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2458

783. Hadis riwayat Sofyan bin Abu Zuhair ra. ia berkata,
Rasulullah saw. pernah bersabda, Kota Syam ditaklukkan, orang-orang berbondong-bondong meninggalkan kota Madinah menuju kota tersebut bersama keluarganya, padahal, kalau mereka tahu, Madinah itu lebih baik bagi mereka. Di saat Yaman ditaklukkan, orang-orang berbondong-bondong keluar meninggalkan kota Madinah bersama dengan keluarganya menuju ke kota tersebut, padahal, kalau mereka tahu, Madinah itu lebih baik bagi mereka. Ketika Irak ditaklukkan, orang-orangpun berbondong-bondong keluar meninggalkan kota Madinah bersama keluarganya menuju ke kota tersebut, padahal, kalau mereka tahu, Madinah itu lebih baik bagi mereka

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2459

784. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. pernah menyinggung tentang Madinah; seandainya ditinggalkan oleh penduduknya, keadaannya tetap lebih baik sekalipun ia hanya dihuni oleh Awafi, yaitu binatang-binatang dan burung-burung buas

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2461

785. Hadis riwayat Abdullah bin Zaid Al Mazini ra. bahwa,
Rasulullah saw. bersabda, Tempat yang berada antara rumahku dan mimbarku itu adalah termasuk bagian taman surga

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2463

786. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa,
Rasulullah saw. pernah bersabda, Tempat yang berada antara rumahku dan mimbarku adalah termasuk bagian taman surga. Sedangkan mimbarku berada di dekat telagaku

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2465

787. Hadis riwayat Abu Humaid ra. ia berkata,
Aku pernah ikut berangkat bersama Rasulullah saw. dalam perang Tabuk. Setelah melewati Wadil Qura, Rasulullah saw. bersabda, Sesungguhnya aku harus cepat-cepat. Barangsiapa di antara kalian yang ingin bersamaku, hendaklah dia mengikuti aku, barangsiapa yang tidak ingin bersamaku, dia boleh tinggal di tempatnya. Kebetulan aku termasuk orang yang ikut bersama beliau. Saat perjalanan sudah dekat dengan Madinah, Rasulullah saw. bersabda, Itu adalah kota Thabah. dan itu adalah Uhud, gunung yang kita senangi dan ia menyenangi kita

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2466

788. Hadis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, Sesungguhnya Uhud itu adalah gunung yang menyenangi kita dan kita menyenanginya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2467

789. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa,
Nabi saw. bersabda, Melakukan salat sekali saja di mesjidku ini lebih utama daripada melakukan salat seribu kali di mesjid yang lain kecuali di Masjidilharam di kota Mekah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2469

790. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa,
Nabi saw. pernah bersabda, Tidak dianjurkan bepergian kecuali ke tiga mesjid, yaitu mesjidku ini (mesjid Madinah), Masjidilharam (mesjid Mekah) dan Masjidilaksa

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2475

791. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. bahwa,
Rasulullah saw. pernah berkunjung ke Quba, terkadang beliau naik kendaraan dan terkadang pula jalan kaki

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim 2478

Tidak ada komentar:

Posting Komentar