Jumat, 06 April 2012

HADIS BAB 24 WASIAT


935. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.
dari Nabi saw. beliau bersabda, `Umraa itu berlangsung terus
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  3073

936. Hadis riwayat Saad bin Abi Waqqash ra. ia berkata,
pada waktu haji wada, Rasulullah saw. menjengukku ketika aku sakit yang hampir menyebabkan kematianku. Waktu itu aku berkata, Wahai Rasulullah, keadaan saya demikian parah sebagaimana engkau lihat, sedangkan saya adalah hartawan dan hanya ada seorang anak perempuan yang akan mewarisi saya. Apakah saya boleh mensedekahkan dua pertiga harta saya ؟ Beliau bersabda, Tidak boleh. Aku bertanya lagi, Kalau seperdua ؟ beliau bersabda, Tidak boleh. Sepertiga saja dan sepertiga itu sudah banyak. Sesungguhnya jika kamu meninggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya itu lebih baik daripada kamu meninggalkan mereka dalam keadaan papa dan meminta-minta kepada orang lain. Kamu tidak menafkahkan suatu nafkah dengan tujuan mencari keridaan Allah, melainkan kamu mendapat pahala lantaran nafkahmu itu, walaupun sesuap makanan yang kamu masukkan ke mulut istrimu. Ia berkata, Aku bertanya, Wahai Rasulullah, apakah saya akan ditinggalkan (masih tetap hidup) setelah sahabat-sahabat saya (meninggal dunia) ؟ beliau bersabda, Sesungguhnya kamu tidak ditinggal kemudian kamu mengerjakan suatu amal dengan tujuan mencari rida Allah, kecuali dengan amal itu derajatmu akan bertambah. Barangkali kamu akan ditinggal sampai para kaum (orang-orang Islam) mendapatkan manfaat dari kamu, kaum yang lain (orang-orang kafir) menderita kerugian karenamu. Ya Allah, sempurnakanlah hijrah sahabat-sahabatku, janganlah Engkau kembalikan mereka ke belakang (kepada kekufuran). Orang yang celaka yaitu Saad bin Khaulah berkata, Rasulullah saw. meratapi dirinya agar meninggal di Mekah
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  3076

937. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,
Seandainya orang-orang mau mengurangi sepertiga menjadi seperempat, karena Rasulullah saw. pernah bersabda, Sepertiga, dan sepertiga itu banyak
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  3080

938. Hadis riwayat Ibnu Umar ra. ia berkata,
Umar ra. mendapat sebidang tanah di Khaibar kemudian ia menghadap Nabi saw. untuk minta petunjuk tentang pengelolaannya. Umar berkata, Wahai Rasulullah, saya mendapat sebidang tanah di Khaibar. Belum pernah saya memperoleh harta yang lebih baik dari ini. Apa saran engkau tentang hal ini ؟ Beliau bersabda, Jika kamu suka, kamu wakafkan tanah itu dan kamu sedekahkan manfaatnya. Maka Umar menyedekahkan hasil tanah itu dengan syarat tanahnya tidak boleh dijual, dibeli, diwarisi atau dihibahkan. Umar menyedekahkan hasilnya kepada fakir miskin, kerabat, untuk memerdekakan budak, jihad di jalan Allah, untuk bekal orang yang sedang dalam perjalanan dan hidangan tamu. Orang yang mengurusnya boleh makan sebagian hasilnya dengan cara yang baik dan boleh juga memberi makan temannya ala kadarnya
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  3085

939. Hadis riwayat Abdullah bin Abu Aufa ra. dari Talhah bin Musrif ra. ia berkata,
Saya bertanya kepada Abdullah bin Abu Aufa, Apakah Rasulullah saw. berwasiat ؟ Ia berkata, Tidak. Aku bertanya lagi, Mengapa wasiat diwajibkan terhadap orang-orang muslim, atau mengapa orang-orang muslim diperintahkan berwasiat ؟ Ia berkata, beliau mewasiatkan Kitab Allah
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  3086

940. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. tidak meninggalkan dinar, dirham, kambing maupun unta, tidak pula berwasiat
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  3087

941. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra.
dari Said bin Jubair ia berkata, Ibnu Abbas ra. berkata, Hari Kamis. Apa gerangan hari Kamis ؟ Kemudian ia menangis sampai air matanya membasahi kerikil. Aku bertanya, Wahai Ibnu Abbas, ada apa dengan hari Kamis ؟ Ia berkata, pada hari itu sakit Rasulullah saw. bertambah parah kemudian beliau bersabda, Kemarilah, aku akan menuliskan untukmu suatu catatan yang membuat kamu tidak akan tersesat setelahku. Para sahabat bertengkar, padahal tidak pantas terjadi pertengkaran di hadapan Nabi. Mereka berkata, Mengapa beliau mengatakan sesuatu yang tidak biasa ؟ Tanyakanlah kepada beliau. Nabi saw. bersabda, Biarkanlah aku. Apa yang kualami sekarang ini lebih baik (daripada mendengarkan pertengkaranmu). Aku mewasiatkan tiga perkara kepadamu yaitu, Usirlah orang-orang musyrik dari Jazirah Arab, berikanlah kepada para utusan senilai yang pernah aku berikan kepada mereka. Kemudian beliau diam, tidak menyebutkan yang ketiga, atau mungkin menyebutkannya tetapi aku lupa
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  3089

Tidak ada komentar:

Posting Komentar