Jumat, 20 April 2012

Rahasia Jumlah Tulang Manusia

Rahasia Jumlah Tulang Manusia

Secara anatomis,anggota wudhu terletak pada ujung – ujung tubuh (kepala,tangan,kaki). Bagian-bagian  tersebut paling banyak mengandung susunan tulang dan sendi dan banyak pula melakukan gerakan – gerakan.
Dalam kaitannya dengan ritual wudhu,pembasuhan anggota wudhu kebanyakan 3 kali dan  ada yang satu kali maka timbullah suatu pertanyaan :
“Adakah Rahasia matematis antara hubungan ritual wudhu dengan susunan tulang dan sendi?”
Jumlah tulang manusia dewasa ada 206 ruas (Henru,Netter,1906) akan tetapi secara embriologis pusat penulangan semasa kehidupan janin dalam kandungan itu ada 350-an pusat penulangan (Leslie Brainerd Arey,1934) yang kemudian banyak pusat – pusat penulangan yang menyatu, membentuk satu tulang dewasa.
Bilangan pusat penulangan itu dekat dengan bilangan dalam hari. Dalam kajian penulis,didapatkan adanya rahasia matematis tersebut.ada  dua premis (dari hadist dan atsar) :
1.Apabila kamu ditimpa demam satu hari, kemudian kamu bersabar, kamu akan mendapatkan pahala seperti ibadah satu tahun.(Atsar dari Ali bin Abi Thalib)
2.Tiap – tiap ruas tulang anak adam itu ada sedekah setiap harinya ( HR.Bukhari      Muslim,termasuk hadist Arbain)
    Hadis riwayat Abu Hurairah , ia berkata: Rasulullah bersabda: Setiap ruas tulang manusia wajib bersedekah setiap hari, di mana matahari terbit

Dari dua premis tersebut dapat dihubungkan bahwa tubuh ini mengandung sejumlah tulang yang mendekati bilangan hari dalam setahun. Tulang–tulang penyusun anggota wudhu jumlahnya tertentu,dikalikan masing – masing dengan jumlah kali pembasuhan pada ritual wudhu akan menghasilkan sama dengan bilangan keseluruhan jumlah tulang manusia.
Coba kita perhatikan jumlah tulang penyusun bagian-bagian tubuh yang di basuh pada saat wudhu :1.Lengan dan tangan : 30 buah (Terdiri atas 1 buah tulang lengan atas, 2 buah tulang lengan bawah, 8 buat tulang pergelangan tangan, 19 buah tulang telapak dan jari – jari) 2.Tungkai dan kaki : 31 buah (terdiri atas 2 buah tulang tungkai bawah, 8 buah tulang pergelangan kaki, 21 buah tulang telapak dan jari – jari) 3.Wajah : 12 buah (Terdiri atas tulang dahi, baji, rahang atas – bawah masing – masing 1 buah, tulang air mata, pelipis, hidung dan pipi masing – masing 2 buah) 4.Rongga mulut dan hidung : 41 buah (Terdiri atas geligi 32 buah, langit – langit dan rahang masing – masing 1 buah, sekat dan karang hidung 7 buah) 5.Kepala dan telinga : 12 buah (Terdiri atas 2 buah tulang pelipis, 2 buah tulang ubun – ubun, 1 buah tulang baji, dahi dan belakang kepala, 6 buah tulang pendengaran)

Bagian tubuh poin 1 sampai 4 dijumlahkan menghasilkan angka 114. Angka tersebut dikalikan 3 oleh karena pembasuhan waktu melakukan wudhu sebanyak 3 kali,menghasilkan angka 342, poin 5 tidak di kalikan 3 karena memang hanya dibasuh 1 kali.Angka 342 dijumlahkan dengan 12 di dapatkan angka 354 yakni sama dengan jumlah hari dalam 1 tahun hijriyah, sekaligus sama dengan jumlah seluruh tulang manusia.Dengan demikian,membasuh anggota wudhu pada ritual wudhu itu seakan – akan sudah membasuh seluruh tubuh . Kajian ini menjadi bukti ilmiah kemukjizatan syariat Islam.
Kita ketahui bahwa Makhluk ALLAH selain manusia,yang memiliki susunan tulang itu banyak jenis / spesiesnya tetapi dalam hal jumlah tulang tidak ada yang sama dengan manusia.Demikian juga Ritual bersuci yang mungkin saja dimiliki oleh semua agama/Kepercayaan akan tetapi islam secara mendetail menjelaskan keunikan dan rahasia manfaat sekaligus kemukjizatan yang tidak ada pada ajaran agama lain.
Dikutip dari buku “Mukjizat Gerakan Shalat” Karya dr.Sagiran,M.Kes.,Sp.B Hal. 35 - 37

Tidak ada komentar:

Posting Komentar