Jumat, 06 April 2012

HADIS BAB 17 PENYUSUAN

818. Hadis riwayat Aisyah ra. bahwa 
suatu hari Rasulullah saw. sedang berada di sampingnya, lalu dia mendengar ada seorang yang datang meminta izin di rumah Hafsah. Kata Aisyah ra. Aku berkata, Wahai Rasulullah, ada seorang laki-laki sedang minta izin di rumahmu. Rasulullah saw. hanya menjawab, Aku kira dia itu si fulan, paman dari bapak sepenyusuan Hafsah. Maka Aisyah bertanya, Wahai Rasulullah, seandainya si fulan --pamannya sepenyusuan-- masih hidup, tentunya dia boleh menemuiku ؟ Rasulullah saw. menjawab, Ya. Karena sesungguhnya sepenyusuan itu dapat menjadikan muhrim sama halnya dengan muhrim karena keturunan

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2615

819. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Sesungguhnya Aflah, saudara Abul Quais, yakni paman sepenyusuannya, datang minta izin ingin menemuinya setelah turun ayat hijab. Aisyah ra. berkata, Aku tidak memberinya izin dan ketika Rasulullah saw. telah datang, aku ceritakan apa yang telah aku lakukan itu. Ternyata beliau menyuruhku untuk memberinya izin menemuiku

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2617

820. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. bahwa,
Nabi saw. hendak dijodohkan dengan putri Hamzah. Akan tetapi beliau bersabda, Sesungguhnya ia tidak halal bagiku karena dia adalah putri saudara sepenyusuanku sendiri. Yang haram disebabkan sepenyusuan sama seperti yang haram dari jalur keturunan keluarga

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2624

821. Hadis riwayat Ummu Habibah binti Abu Sofyan ra. ia berkata,
Saat Rasulullah saw. menemuiku, aku berkata kepada beliau, Wahai Rasulullah, apakah engkau mempunyai minat terhadap saudariku yaitu putri Abu Sofyan ؟ Rasulullah saw. balik bertanya, Maksudmu, apa yang harus aku lakukan ؟ Aku menjawab, Engkau nikahi dia. Rasulullah saw. bertanya, Apakah kamu suka hal itu ؟ Aku menjawab, Aku bukanlah wanita yang egois yang ingin memilikimu untuk seorang diri. Teman yang paling aku senangi sama-sama mendapat kebaikan adalah saudariku. Rasulullah bersabda, Saudarimu itu tidak halal bagiku. Lalu aku katakan lagi kepada beliau, Aku dengar engkau melamar Durrat binti Abu Salamah ؟ Beliau bertanya, Puteri Ummu Salamah ؟ Aku menjawab, Ya. Beliau bersabda, Walaupun dia bukan anak tiriku yang ada dalam pemeliharaanku, dia tidak halal bagiku karena dia adalah putri saudaraku sepenyusuan, sebab aku dan bapaknya telah disusui oleh Suwaibah. Maka tidak usahlah kamu menawarkan kepadaku putri-putrimu ataupun saudari-saudarimu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2626

822. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Sahlah binti Suhail datang kepada Nabi saw. dan berkata, Wahai Rasulullah, aku melihat perubahan air muka Abu Huzaifah setiap kali Salim menemuiku, padahal dia adalah anak asuhnya. Nabi saw. bersabda, Kalau begitu, susui saja dia. Sahlah bertanya, Bagaimana aku bisa menyusuinya, dia sudah besar ؟ Rasulullah saw. tersenyum lalu bersabda, Aku juga tahu bahwa dia sudah besar. Amru menambahkan dalam hadisnya bahwa dia telah ikut dalam perang Badar dan dalam riwayat Ibnu Abu Umar, Lalu Rasulullah saw. tertawa

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2636

823. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Suatu hari Rasulullah saw. menemuiku, pada saat itu di sampingku ada seorang laki-laki yang sedang duduk. Dia kecewa, aku melihat ada kemarahan pada wajahnya. Aisyah berkata, Aku menerangkan kepada beliau, Wahai Rasulullah, dia adalah saudaraku sepenyusuan. Aisyah berkata lagi, Lalu beliau bersabda, Coba kalian perhatikan lagi saudara-saudara laki-lakimu yang sepenyusuan, karena sesungguhnya sepenyusuan itu adalah karena lapar

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2642

824. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Saad bin Abu Waqqash dan Abdu bin Zam ah terlibat perselisihan mengenai seorang anak. Kata Saad, Ini adalah anak saudaraku Utbah bin Abu Waqqash, yang mengaku bahwa anak ini putranya, lihat saja wajahnya mirip dengannya. Abdu bin Zamah menyangkal dan mengatakan, Dia ini saudaraku, wahai Rasulullah. Dia lahir di atas tempat tidur ayahku dari (budak perempuannya). Sejenak Rasulullah saw. memperhatikan kemiripan anak itu, memang ada kemiripan yang jelas dengan Utbah. Tetapi kemudian beliau bersabda, Dia adalah untukmu, wahai Abdu. Nasab seorang anak itu ditentukan oleh tempat tidur di mana anak itu dilahirkan (lelaki legal sang ibu) dan bagi pezina itu batu (rajam atau kecelakaan). Pakailah hijab darinya, wahai Saudah binti Zamah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2645

825. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. bahwa,
Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, Nasab anak itu dikembalikan kepada tempat tidur di mana ia dilahirkan dan bagi pezina itu batu (rajam atau kecelakaan).

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2646

826. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. satu hari menemuiku dengan gembira dan wajahnya kelihatan berseri-seri. Beliau bersabda, Apa kamu tahu, bahwa tadi Mujazziz memandang Zaid bin Haritsah dan Usamah bin Zaid, lalu berkata, Sesungguhnya kaki ini dan kaki itu adalah sama (mirip).

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2647

827. adis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata,
Apabila seorang menikahi wanita gadis setelah beristri seorang janda, maka dia harus tinggal bersamanya selama tujuh hari dan apabila dia menikahi seorang janda setelah beristri seorang gadis, maka dia harus tinggal bersamanya selama tiga hari

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2654

828. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Wanita yang paling aku senangi adalah Saudah binti Zamah. Aku ingin sekali menjadi dia. Ia adalah seorang wanita yang cukup tabah hatinya. Aisyah berkata, Ketika sudah tua Saudah memberikan jatah gilirannya dari Rasulullah saw. kepada Aisyah ra. Kata Saudah, Wahai Rasulullah, aku berikan jatah hariku kepada Aisyah ra. Jadi Rasulullah saw. membagi waktu kepada Aisyah ra. dua hari, sehari jatahnya sendiri, sehari lagi jatah pemberian Saudah

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2657

829. Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,
Sebenarnya aku merasa cemburu kepada wanita-wanita yang telah menyerahkan diri mereka untuk dinikahi oleh Rasulullah saw. Aku katakan, Wanita-wanita telah menyerahkan dirinya kepada Rasulullah saw. Namun setelah turun firman Allah Taala, تُرْجِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُنَّ وَتؤُوِي إِلَيْكَ مَنْ تَشَاءُ وَمَنِ ابْتَغَيْتَ مِمَّنْ عَزَلْتَ(Kamu boleh menangguhkan menggauli siapa yang kamu kehendaki di antara mereka "istri-istrimu" dan "boleh pula" menggauli siapa yang kamu kehendaki dan siapa-siapa yang kamu ingin untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai). Aku (Aisyah) berkata, Demi Allah aku baru sadar bahwa Allah rupanya ingin meringankan bebanmu dan memberikan keleluasaan padamu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2658

830. Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. dari Atha, ia berkata,
Bersama dengan Ibnu Abbas aku ikut melayat jenazah di daerah Saraf. Ibnu Abbas berkata, Ini adalah jenazah istri Nabi saw. Apabila kamu mengangkat kerandanya, maka janganlah kamu berlaku sembarangan dan menggoncang-goncangkannya, berlakulah dengan halus. Sesungguhnya Rasulullah saw. memiliki sembilan orang istri, beliau biasa menggilir yang delapan dan meninggalkan giliran yang satu

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2660

831. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.
dari Nabi saw. beliau bersabda, Wanita itu dinikahi karena empat pertimbangan; karena harta benda, keturunan, kecantikan dan karena agamanya, carilah wanita yang agamamis, niscaya kamu akan bahagia

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2661

832. Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,
Rasulullah saw. bersabda, Sesungguhnya wanita itu seperti tulang rusuk, jika kamu berusaha meluruskannya, dia akan patah, kalau kamu membiarkannya, maka dia akan tetap bengkok

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2669

833. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.
dari Rasulullah saw. beliau bersabda, Seandainya tidak ada Hawa niscaya selamanya wanita tidak akan berkhianat kepada suaminya

Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim  2673

Tidak ada komentar:

Posting Komentar