Minggu, 20 Mei 2012

BAB 48 ZIKIR, DOA, TAUBAT DAN ISTIGFAR

1538 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Nabi saw. bersabda, Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama yang bagus. Barangsiapa yang mampu menghafalnya, maka dia akan masuk surga. Sesungguhnya Allah ganjil, dia menyukai yang ganjil

1539 Hadis riwayat Anas ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Apabila salah seorang kamu berdoa hendaklah dia berdoa dengan tegas dan janganlah berdoa, Ya Allah! Jika Engkau sudi maka berilah aku. Sesungguhnya Allah tidaklah kikir

1540 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, Apabila kamu berdoa, janganlah dia berkata, Ya Allah! Ampunilah aku jika Engkau sudi, tetapi bersungguh-sungguhlah dan mintalah masalah yang besar (surga atau pengampunan), karena Allah tidak menghitung-hitung apa yang telah Dia berikan

1541 Hadis riwayat Anas ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Janganlah kamu mengharapkan kematian karena suatu kesulitan yang menimpanya. Apabila dia memang harus mengharapkan, sebaiknya dia berkata, Ya Allah! Hidupkanlah aku selama hidup itu baik bagiku dan matikanlah aku, jika kematian itu baik bagiku

1542 Hadis riwayat Khabbab ra.,  dari Qais bin Abu Hazim ia berkata, Saya menemui Khabbab dan (aku lihat) dia sedang membakar tujuh luka di perutnya dengan besi hangat. Dia berkata, Seandainya Rasulullah saw. tidak pernah melarang aku berdoa untuk segera mati, niscaya aku akan berdoa untuk itu

1543 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Janganlah kamu mengharap-harap kematian dan janganlah berdoa untuk mati sebelum kematian itu datang sendiri padanya. Sesungguhnya apabila salah seorang dari kamu sudah mati maka terputuslah amalnya. Bagi seorang mukmin bertambahnya usia berarti suatu kebaikan

1544 Hadis riwayat Ubadah bin Shamit ra. ia berkata,  Sesungguhnya Nabi saw bersabda, Barangsiapa suka bertemu Allah, maka Allah suka bertemu dengannya dan barangsiapa yang tidak suka bertemu Allah, maka Allah tidak suka bertemu dengannya

1545 Hadis riwayat Aisyah ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Barangsiapa yang suka bertemu Allah, maka Allah suka bertemu dengannya dan barangsiapa yang tidak suka bertemu Allah, maka Allah tidak suka bertemu dengannya. Aku bertanya, Wahai baginda! Apakah kematian itu harus dibenci, padahal kita semua akan mengalami kematian. Beliau bersabda, Bukan begitu, seorang mukmin apabila diberi kabar gembira dengan rahmat Allah, keridaan dan surga-Nya, maka dia pasti suka untuk bertemu Allah dan Allah suka bertemu dengannya. Orang kafir apabila diberitahu tentang adanya siksa serta murka Allah, maka dia tidak akan suka bertemu Allah dan Allah tak suka bertemu dengannya

1546 Hadis riwayat Abu Musa ra. ia berkata,  Nabi saw. bersabda, Barangsiapa yang suka bertemu dengan Allah, niscaya Allah suka bertemu dengannya dan barangsiapa yang tidak suka bertemu dengan Allah, niscaya Allah tidak suka bertemu dengannya

1547 Hadis riwayat Anas ra. ia berkata  bahwa Rasulullah saw. menjenguk seorang laki-laki dari kaum muslimin yang benar-benar lemah dan sangat menderita. Rasulullah saw. bertanya kepada laki-laki itu, Apakah kamu sudah pernah berdoa memohon diberi sesuatu ؟ Laki-laki itu menjawab, Ya, aku berdoa, Ya Allah! Jika Engkau hendak menyiksaku di akhirat, tolong laksanakan segera di dunia. Mendengar itu Rasulullah saw. bersabda, Maha Suci Allah, kamu tidak akan kuat atau tidak akan kuasa memikulnya. Bukankah sebaiknya kamu mengatakan,  (Ya Allah! Berikan kepadaku kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat serta jagalah aku dari siksa neraka). Setelah memanjatkan doa tersebut kepada Allah, akhirnya laki-laki itu sembuh dari penderitaannya

1548 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Nabi saw. bersabda, Sesungguhnya Allah yang Maha Memberkahi lagi Maha Tinggi memiliki beberapa malaikat yang selalu mengelilingi bumi dan jumlahnya terus bertambah. Mereka senantiasa mengamati forum-forum zikir. Apabila mereka mendapati ada suatu forum zikir, maka mereka akan ikut duduk di sana. Dengan sayapnya, mereka akan menganjurkan kawan-kawannya untuk ikut hadir dalam majlis tersebut, hingga para malaikat itu memenuhi antara mereka berada dan langit dunia. Apabila orang-orang yang hadir dalam forum tersebut berpisah, mereka naik tangga menuju ke langit. Allah yang Maha Mulia lagi Maha Agung dan lebih tahu daripada mereka bertanya, dari mana kalian ؟ Mereka menjawab, Kami datang dari tempat hamba-hamba-Mu di dunia. Mereka mensucikan, mengagungkan, membesarkan, memuji dan memohon kepada-Mu. Allah bertanya, Apa yang mereka mohonkan kepadaku ؟ Para malaikat itu menjawab, Mereka memohon surga kepada-Mu. Allah bertanya, Apakah mereka sudah pernah melihat surga-Ku ؟ Para malaikat itu menjawab, Belum, Tuhan kami. Allah berfirman, Bagaimana seandainya mereka pernah melihat surga-Ku ؟ Para malaikat itu juga berkata, Hamba-hamba-Mu itu juga memohon perlindungan kapada-Mu. Allah bertanya, Mereka memohon perlindungan-Ku dari apa ؟ Para malaikat menjawab, dari neraka-Mu, wahai Tuhan kami. Allah bertanya, Apakah mereka sudah pernah melihat neraka-Ku ؟ Para malaikat menjawab, Belum. Allah berfirman, Bagaimana seandainya mereka sudah pernah melihat neraka-Ku ؟ Para malaikat itu selanjutnya mengatakan, dan mereka juga memohon ampun kepada-Mu. Allah berfirman, Aku sudah mengampuni mereka. Aku sudah berikan apa yang mereka mohon dan sudah Aku penuhi permohonan pahala mereka. Para malaikat itu berkata, Wahai Tuhan kami! Di antara mereka terdapat seorang hamba bernama si Fulan, dia orang yang penuh dosa. Sebetulnya dia hanya lewat saja lalu bergabung dengan orang-orang yang berada di forum itu. Allah berfirman, Aku juga telah mengampuninya. Mereka adalah kaum yang forumnya tidak diganggu oleh orang tersebut

1549 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, Barangsiapa yang membaca, Tidak ada Tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Kepunyaan-Nyalah segenap kerajaan dan milik-Nyalah segala puji. dan dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, setiap hari sebanyak seratus kali, maka dia mendapat pahala memperlakukan sepuluh budak dengan adil, dicatat untuknya seratus kebajikan dan dihapus darinya seratus keburukan. Baginya hal itu merupakan perlindungan dari setan dari pagi hari sampai sore. Tidak ada seorangpun yang lebih utama dari orang yang melakukan hal itu kecuali orang yang lebih banyak dari itu. Barangsiapa yang membaca, Maha Suci Allah dan dengan memuji-Nya, sebanyak seratus kali setiap hari, maka rontoklah semua dosanya, sekalipun dosanya itu seperti buih di laut

1550 Hadis riwayat Abu Ayub Al Anshari ra. ia berkata,  Nabi saw. bersabda, Barangsiapa yang membaca,
   لا إله إلا الله وحده لا شريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شي ء قدير           
Artinya, Tidak ada Tuhan selain Allah semata, yang tiada sekutu bagi-Nya, kepunyaan-Nyalah segenap kerajaan dan milik-Nyalah segala puji, dan dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, sebanyak sepuluh kali, maka dia laksana orang yang telah memerdekakan empat orang budak dari putra Ismail

1551 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Dua kalimat yang ringan di mulut, berat di timbangan, dan disukai oleh Allah yang Maha Pengasih, yaitu,
      سبحان الله  وبحمده سبحان   الله ال عظيم    
Maha Suci Allah dan dengan segala puji-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung

1552 Hadis riwayat Abu Musa ra. ia berkata,  Kami bersama dengan Rasulullah saw. dalam suatu perjalanan. Ketika mendengar orang-orang membaca takbir dengan suara cukup keras, beliau bersabda, Wahai manusia! Rendahkan suara kalian. Sesungguhnya kalian tidak sedang berdoa kepada yang buta maupun yang gaib. Sesungguhnya kalian justru sedang berdoa kepada yang Maha Mendengar lagi sangat dekat. Dia bersama kalian. Aku yang waktu itu berada di belakang beliau berkata,
لا لحولا و قوة إلا بالله   
Artinya, Tidak ada daya dan kekuatan sama sekali kecuali berkat bantuan Allah. Rasulullah saw. berkata, Wahai Abdullah bin Qais! maukah kamu aku tunjukkan pada sebuah simpanan surga ؟ Aku menjawab, Tentu, wahai Rasulullah. Beliau bersabda, Yaitu ucapan,
   لا حول ولا قو ة إلا بالله    

1553 Hadis riwayat Abu Bakar ra. ia berkata,  Sesungguhnya ia pernah berkata kepada Rasulullah saw., Ajarkan kepadaku suatu doa yang akan aku baca dalam salatku. Beliau bersabda, Bacalah!
  اللهم  إني ظلمت  نفسي ا ظلما كبير       
Artinya, Ya Allah! Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri, suatu penganiayaan yang cukup besar (menurut Qutaibah) penganiayaan yang banyak,
  ولا  يغفر الذنوب إلا أنت فاغفر لي مغفرة من عندك وارحمني أنت أنك الغفورالرحيم                  
Artinya, dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa selain Engkau. Berikanlah kepadaku ampunan dari sisi-Mu dan kasihanilah aku, karena sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha Pengampun lagi Maha Pengasih

1554 Hadis riwayat Anas bin Malik ra. ia berkata,  Rasulullah saw. biasa berdoa, Ya Allah! Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, sifat pengecut, menyia-nyiakan usia dan dari sifat kikir. Aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur dan dari fitnah kehidupan serta kematian

1555 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata bahwa,  Nabi saw. selalu memohon perlindungan dari takdir yang jelek, dari tertimpa celaka, dari kegirangan musuh dan dari menanggung banyak cobaan

1556 Hadis riwayat Barra` bin Azib ra. ia berkata,  Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, Apabila kamu hendak ke tempat peraduanmu, maka berwudulah seperti mau salat, kemudian berbaringlah miring ke kanan dan kemudian bacalah, Ya Allah! Sesungguhnya aku menyerahkan diriku kepada-Mu, karena mengharapkan pahala-Mu dan takut dari siksa-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan tidak ada pula yang bisa menyelamatkan sama sekali dari-Mu kecuali kembali kepada-Mu. Aku beriman kepada Kitab-Mu yang Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang Engkau utus. Jadikan semua itu pada akhir omonganmu. Apabila kamu mati pada malam itu, kamu pasti dalam keadaan fitrah. (Barra`) berkata, Aku mengulangi kalimat-kalimat untuk mengingatnya. Aku ucapkan, Aku beriman kepada rasul-Mu yang Engkau utus. Rasulullah saw. bersabda, Ucapkanlah! Aamantu binabiyyik al ladzi arsalta

1557 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda, Apabila kalian beranjak ke tempat peraduannya, peganglah ujung kain lalu kirapkan tempat tidurnya sambil membaca Bismillah, sebab dia tidak tahu apa yang terdapat di sana setelah dia tinggalkan. Apabila dia ingin berbaring, maka berbaringlah miring ke kanan, kemudian bacalah doa, Maha Suci Engkau, ya Allah. Tuhanku, karena-Mu aku letakkan lambungku dan karena-Mu jua aku mengangkatnya. Apabila Engkau tahan jiwaku, maka ampunilah ia dan apabila Engkau melepaskannya, maka jagalah ia sebagaimana Engkau jaga hamba-hamba-Mu yang saleh

1558 Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,  Sesungguhnya Rasulullah saw. selalu berdoa, Ya Allah! Kepada-Mulah aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman. terhadap-Mu aku bertawakkal. Kepangkuan-Mu aku kembali dan demi Engkau aku berperang. Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu, di mana tidak ada Tuhan selain Engkau, agar Engkau tidak menyesatkan aku. Engkau Maha Hidup dan tidak akan mati, sedang jin dan manusia semuanya akan mati

1559 Hadis riwayat Abu Musa Asyari ra. ia berkata,  Nabi saw. selalu berdoa dengan doa, Ya Allah! Ampunilah kesalahan dan kebodohanku, dan juga sikapku yang berlebih-lebihan dalam segala urusanku. Engkau tentu lebih tahu daripada aku. Ya Allah! Ampunilah kesungguhanku dan kelakarku, ketidak sengajaanku dan kesengajaanku. Semua itu ada di sisi-Mu. Ya Allah! Ampunilah dosa yang telah aku lakukan dan yang belum aku lakukan yang aku lakukan secara sembunyi maupun yang aku lakukan secara terang-terangan. Engkau tentu lebih tahu daripada aku. Engkau-lah yang Terdahulu sekaligus yang Terakhir dan Engkau-lah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu

1560 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Rasulullah saw. selalu berdoa,
  لا إله إلا الله  وحده أ عز جنده ونصر عبده وغلب الأحزاب  وحده فلا بعده شيء                
Artinya, Tidak ada Tuhan selain Allah semata yang memenangkan tentara-Nya. yang menolong hamba-Nya yang mengalahkan golongan-golongan kafir sendirian saja dan tidak ada sesuatupun yang abadi selain-Nya

1561 Hadis riwayat Ali ra. ia berkata bahwa,  Fatimah mengeluh tangannya terkilir. Ia mendengar Nabi saw. mendapat seorang tawanan yang dapat melayani mereka. Fatimah pergi menemui Nabi saw. tetapi ia tidak mendapatkan beliau. Ia hanya bertemu dengan Aisyah. Lalu ia ceritakan maksud kedatangannya kepada Aisyah. Ketika Nabi saw. datang, Aisyah menceritakan kepada beliau mengenai kedatangan Fatimah. Nabi saw-pun menemui kami, kami sudah berada di peraduan, kemudian kami bangun menemui beliau. Nabi saw. bersabda, Tetaplah di tempat kalian. Beliau-pun duduk bersama hingga aku merasakan betapa dingin telapak kaki beliau merasuk ke dalam dadaku. Kemudian beliau bersabda, maukah kalian aku ajarkan sesuatu yang lebih baik daripada permintaan kalian, (yang dibaca) jika kalian hendak ke peraduan. Bacalah takbir sebanyak tiga puluh empat kali, tasbih sebanyak tiga puluh tiga kali dan tahmid sebanyak tiga puluh tiga kali. Bagi kalian hal itu lebih baik daripada seorang pelayan

1562 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Sesungguhnya Nabi saw. bersabda, Jika kalian mendengar kokok ayam jantan, maka mohonlah karunia Allah, karena sesungguhnya binatang tersebut melihat malaikat. Jika kalian mendengar ringkikan keledai, maka mohonlah perlindungan kepada Allah dari godaan setan, karena binatang tersebut melihat setan

1563 Hadis riwayat Ibnu Abbas ra. ia berkata,  Sesungguhnya Nabi saw. ketika sedang susah selalu berdoa,
لاإلا إله الله العظيم الحليم لا إله إلا الله رب العرش العظيم لا إله إلا الله رب السماوات ورب الأرض ورب                      
العرش الكريم
Artinya, Tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha Agung lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan Arsy yang Agung. dan tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan segenap langit, Tuhan bumi, dan Tuhan Arsy yang Mulia

1564 Hadis riwayat Abu Hurairah ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Doa kalian akan dikabulkan, sepanjang tidak buru-buru berkata, Aku sudah berdoa, tetapi tidak dikabulkan

1565 Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Aku berdiri di depan pintu surga. Tiba-tiba saya melihat kebanyakan orang yang memasuki surga ialah orang-orang miskin. Aku juga melihat para penguasa sedang ditahan, kecuali calon para penghuni neraka yang memang langsung disuruh untuk pergi ke neraka. Aku lalu berdiri di depan pintu neraka. Ternyata kebanyakan yang di neraka adalah kaum wanita

1566 Hadis riwayat Imran bin Hushain ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Sesungguhnya kaum wanita minoritas di surga

1567 Hadis riwayat Usamah bin Zaid ra. ia berkata,  Rasulullah saw. bersabda, Setelahku nanti tidak ada fitnah yang paling membahayakan kaum laki-laki daripada wanita

1568 Hadis riwayat Abdullah bin Umar ra.  dari Rasulullah saw. beliau bersabda, Ketika tiga orang sedang berjalan, tiba-tiba turun hujan. Mereka berteduh di dalam gua di sebuah gunung. Mendadak mulut gua itu tertutup oleh sebuah batu besar, sehingga mereka terkurung. Satu sama lain mengatakan, Ingatlah semua amal baik yang pernah kamu lakukan karena Allah, lalu berdoalah kepada Allah dengan amal-amal itu. Semoga Allah akan menolong kesulitan kita ini. Salah seorang mereka mengatakan, Ya Allah, sesungguhnya dahulu aku punya dua orang tua yang sudah renta. Mereka ikut keluargaku yang terdiri dari seorang istri dan beberapa orang anak yang masih kecil. Akulah yang memelihara mereka. Aku biasa memerah susu buat mereka, biasanya aku utamakan kedua orang tuaku itu untuk minum terlebih dahulu daripada anak-anakku. Suatu hari karena kesibukan pekerjaanku, sore-sore aku baru pulang. dan aku dapati kedua orang tuaku sudah tidur. Seperti biasanya akupun memerah susu. Aku taruh susu itu ke dalam sebuah bejana. Aku berdiri di dekat kedua orang tuaku itu, namun aku tidak mau membangunkan mereka dari tidurnya yang nyenyak. Aku juga tidak membiarkan susu itu diminum oleh anak-anakku sebelum orang tuaku, sekalipun mereka merengek-rengek di hadapanku karena lapar dan dahaga. Aku terus setia menunggui mereka dan mereka juga tetap pula tidur sampai terbit fajar. Jika Engkau tahu apa yang aku lakukan itu adalah untuk mengharap keridaan-Mu, maka tolonglah aku dari kesulitan ini, sehingga kami bisa melihat langit. Allah berkenan menolong kesulitan mereka, sehingga mereka bisa melihat langit. Yang lain segera mengatakan, Ya Allah, sesungguhnya dahulu aku pernah mempunyai seorang keponakan perempuan yang sangat aku cintai, seperti cintanya seorang laki-laki terhadap seorang perempuan yang sangat mendalam. Aku minta supaya ia mau melayani kemauan nafsuku, tetapi ia tidak mau, kecuali kalau aku memberikan uang padanya sebanyak seratus dinar. Dengan susah payah akhirnya aku mampu mengumpulkan uang sebanyak itu. Aku datang kepadanya dengan membawa sejumlah yang ia minta tersebut. Ketika baru saja aku hendak memulai menyetubuhinya, ia berkata, Wahai hamba Allah, takutlah kepada Allah. Janganlah kamu merenggut keperawanan kecuali dengan pernikahan terlebih dahulu. Seketika itu aku berdiri. Apabila Engkau tahu bahwa apa yang aku lakukan itu adalah untuk mencari keridaan-Mu, maka tolonglah kami dari kesulitan ini. Allah-pun berkenan menolong mereka. Terlihat batu besar itu agak terbuka lagi. Yang ketiga berkata, Ya Allah, sesungguhnya pernah aku mempekerjakan seorang pekerja dengan upah tiga sha` beras. Ketika sudah merampungkan pekerjaannya, ia berkata, Berikan bayaranku, tetapi aku menolaknya, sehingga dia merasa benci kepadaku. Kemudian aku terus menanami lahan yang dia kerjakan, sehingga aku mampu memiliki seekor sapi dan lahan penggembalaannya. Satu hari dia datang lagi kepadaku dan berkata, Kamu jangan menganiaya hakku. Takutlah kepada Allah. Kemudian aku katakan padanya, Ambillah sapi itu berikut dengan lahan penggembalaannya. Dia berkata, Takutlah kepada Allah, jangan menghina aku. Aku katakan, Sesungguhnya aku tidak menghina kamu. Ambillah sapi itu berikut ladang penggembalaannya. Akhirnya hartaku itu diambilnya. Jika menurut-Mu apa yang aku lakukan itu untuk mencari keridaan-Mu, maka tolonglah kami dari kesulitan yang tinggal sedikit ini. Akhirnya Allah-pun menolong mereka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar