Rabu, 09 Mei 2012

MASJID RAUDHATUL JANNAH RCTI JAKARTA


Masjid Raudhatul Jannah RCTI terletak di dalam komplek RCTI jalan Raya Pejuangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.




Masjid ini didirikan karena pada saat itu belum ada Masjid di RCTI, dan penyelenggaraan shalat jumat untuk karyawan dilakukan di ruang studio 1. Jumlah karyawan RCTI pada saat itu sekitar 300 orang.  Sehubungan dengan semakin bertambahnya jumlah karyawan, maka kebutuhan luas ruangan untuk penyelenggaraan shalat jumat bertambah sehingga akhirnya didirikanlah Masjid Raudhatul Jannah RCTI pada tahun 1990-an.


Pada awalnya Masjid Raudhatul Jannah RCTI tidak terlalu besar. Bangunan awal adalah hanya bangunan depan/utama Masjid. Seiring dengan perjalanan waktu Masjid RCTI tidak hanya digunakan oleh karyawan RCTI saja, namun juga oleh warga dan karyawan dari perkantoran disekitar RCTI. Masjid Raudhatul Jannah RCTI telah beberapa kali mengalami perluasan dan renovasi. Hal ini disebabkan jumlah jamaah dari waktu ke waktu selalu bertambah. Terutama pada saat penyelenggaraan shalat jumat Masjid Raudhatul Jannah RCTI selalu dipadati jemaah.
Ruang ibadah utama Masjid Raudhatul Jannah RCTI
Bangunan utama ukurannya sekitar 11 m x 11 m sedangkan total seluruh bangunan yang dapat dipergunakan untuk shalat ukurannya sekitar 32 m x 32 m ditambah kanopi sayap utara dan sayap selatan.

 Tempat ibadah wanita Masjid Raudhatul Jannah RCTI


Pada saat awal-awal berdirinya Masjid, jumlah jamaah yang hadir melaksanakan shalat Wajib Zuuhur ashar Magrib  pada hari-hari kerja biasanya sekitar 2 shaf dari bangunan utama. Namun saat ini pada saat tersebut rata-rata pengunjunganya hampir memenuhi bangunan utama. Selain kegiatan shalat cukup banyak kegiatan lain di Masjid Raudhatul Jannah seperti majelis ta'lim, kultum, penyelenggaran shalat hari raya dan kurban, penyaluran zakat, umrah sedekah dan lain-lain.

Fasilitas lain yang ada di Masjid Raudhatul Jannah adalah Toilet dan tempat wudhu untuk pria dan wanita, gudang, perpustakaan dan sekretariat masjid.

Seperti umumnya Masjid lain di Jakarta, Masjid Raudhatul Jannah juga tidak mengakomodir/menyediakan tempat untuk wanita pada saat penyelenggaraan shalat Jumat. Alasannya sama dengan masjid lain karena pada saat shalat jumat kapasitas untuk jamaah pria saja sudah pas-pasan, apalagi jika harus ditambah jamaah wanita. Jumlah jamaah yang hadir untuk shalat jumat di Masjid Raudhatul Jannah RCTI dari waktu-ke waktu selalu bertambah. dalam beberapa tahun ke depan mungkin Masjid ini harus diperluas lagi untuk menampung jamaah yang selalu bertambah.
 Sekretariat Masjid Raudhatul Jannah RCTI
Toilet dan tempat wudhu pria dan wanita




Tidak ada komentar:

Posting Komentar